Perkuat Sinergi Pengamanan Obvitnas

PT KPI RU Dumai, TNI AL dan Kodim Dumai Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama

Dumai - Dalam rangka memperkuat sinergi pengamanan Objek Vital Nasional (OBVITNAS), Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai bersama Pangkalan TNI AL Dumai dan Kodim 0320/Dumai tanda tangani perjanjian kerjasama pengamanan, Kamis (21/04/2022).

Penandatanganan perjanjian kerjasama yang bertempat di Hotel Patra Jasa Dumai ini sesuai dengan amanah peraturan perundangan UU No. 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia Bab IV peran, fungsi dan tugas pada Pasal 7 ayat (2) huruf B poin 5, yang menyatakan bahwa tugas pokok operasi militer selain perang adalah mengamankan Objek Vital Nasional yang bersifat strategis. Selain itu, hal ini juga sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 63 tahun 2004 tentang pengamanan Objek Vital Nasional.

Hadir pada seremonial penandatanganan tersebut, GM RU II Dumai, Permono Avianto, Dandim 0320/Dumai, Letkol Arh Hermansyah Tarigan, SE, Palaksa Lanal Dumai, Letkol Laut (PM) Anwar Rahman, SE, serta jajaran dari PT KPI RU II Dumai, Kodim 0320, dan Lanal Dumai.

Dalam sambutannya, Permono Avianto menyampaikan bahwa sebagai salah satu Objek Vital Nasional yang bersifat strategis tentunya dalam pengamanan kilang RU II Dumai dibutuhkan sinergi pengamanan dari unsur TNI.

“Perjanjian kerjasama pengamanan ini merupakan perpanjangan dari kerjasama yang selama ini telah terjalin, dengan harapan tentunya dapat terus berkesinambungan,” jelas Permono.

Sedangkan Letkol Laut (PM) Anwar Rahman mengatakan bahwa dengan adanya perjanjian ini dapat meningkatkan kerjasama dan sinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban yang kondusif di tengah masyarakat.

“Objek Vital Nasional yang bersifat strategis merupakan hajat hidup orang banyak, kepentingan negara, dan sumber pendapatan negara sehingga perlu adanya pengamanan serta pengelolaan aktivitas yang akan menimbulkan dampak ancaman atau gangguan,” ungkap Anwar Rahman.

“Semoga sinergi antara PT KPI RU Dumai, TNI AL, dan Kodim 0320/Dumai bisa terus berlanjut dan semakin kuat ke depannya,” tutup Permono. (**)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar