Laksanakan Penelitian, Tim Puslitbang Polri Kunjungi Polres Pelalawan

PELALAWAN - Dalam rangka melaksanakan Penelitian  tentang 'Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri' di wilayah Polres Pelalawan dan jajarannya, Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri mengunjungi Polres Pelalawan pada Rabu (06/04/2022).

Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Kombes Pol. SAEFUDDIN MUHAMAD,  S.I.K dengan tiga anggota tim yaitu Pembina Dwi Irawati, S.S., Penata Verawati, SE dan Penda Tk.I Nailatalmuna N.A.M.Ec.Dev yang didampingi oleh  Kabag Strajemen Birorena Polda Riau AKBP Osva dan tim, diterima oleh WaKa Polres Pelalawan KOMPOL ANTONI LUMBANGAOL, SH, MH. 

Kasubbag Humas Polres Pelalawan AKP Edi Haryanto mengatakan, maksud dan tujuan dari Penelitian Puslitbang Polri ke Kesatuan Kewilayahan adalah untuk memperoleh data dan fakta kemudian menganalisis data dan fakta tersebut serta untuk memperoleh saran dan masukan dari Publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri di 5 (lima) fungsi operasional kepolisian yaitu fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Samapta.

Penelitian yang dilakukan ini  menggunakan Metode MIx Metod yakni perpaduan antara penelitian kuantitatif yaitu penelitian dengan menggunakan link survey dan penelitian kualitatif dengan melaksanakan kegiatan FGD dan wawancara mendalam dengan para responden baik dari internal maupun eksternal kepolisian. 

"Adapun target responden yang mengisi link survey dari masing-masing fungsi minimal 30 responden sehingga target minimal untuk tiap-tiap satker Polres adalah 150 responden, diluar Anggota/ASN lingkungan Polri," terang Edi.

Khusus untuk fungsi Reskrim, lanjutnya, respondennya adalah Responden yang pernah berurusan dengan Proses Penyidikan antara lain Saksi, Korban, Tersangka, Tahanan dan Pengacara.

Kegiatan dibuka oleh Waka Polres Pelalawan Kompol ANTONI LUMBANGAOL, SH, MH. Selanjutnya arahan dari Ketua tim penelitian Kombes Pol Saefuddin mohammad, S.I.K Yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan serta teknis penelitian yang akan dilaksanakan.

"Selanjutnya kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para Responden maupun terhadap masing-masing Fungsi Kepolisian, hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta terkait pelaksanaan Pelayanan kepolisian kepada masayarakat dengan harapan adanya masukan dan saran yang positif untuk meningkatkan kinerja Polri dalam memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat di kemudian hari," tutup Kasubbag Humas. (**)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar