Tradisi Mandi Balimau Pinang Sebatang

Arizal : Manusia Yang Baik Adalah Bisa Menjaga Atau Melastarikan Budaya

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Ratusan warga Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang, Siak, ikut meramaikan tradisi mandi balimau bersama jelang bulan Suci Ramadan di pinggiran Sungai Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Sabtu (2/4/2022). 

Terlihat masyarakat begitu antusia mendatangi lokasi pinggiran Sungai Siak Kampung Pinang Sebatang.TIdak hanya warga setempat yang datang, ada juga warga kampung lain turut meramaikan acara tradisi ini. 

Sebelum dilaksanakan mandi balimau, warga dihibur dengan penampilan tari kreasi dari para penari cilik di lapangan pujasera Pinang Sebatang. 

Mandi Balimau di buka oleh Penghulu Kampung Pinang Sebatang Arizal. Turut hadir diacara itu, Wakil Ketua II DPRD Siak Androy Ade Rianda, anggota DPRD dapil 3 Perawang Musar, Ridha Alwis, Ketua MPC PP Dedi Boxer, Karang Taruna Kampung Pinang Sebatang, Ketua PWI Kabupaten Siak Wiwik Widanengsih, tokoh masyarakat, tokoh agama setempat dan tamu undangan lainnya. 

Penghulu Kampung Pinang Sebatang Arizal menyampaikan, mandi balimau merupakan tradisi Kampung Pinang Sebatang, meski dalam dua tahun terakhir ini mandi Beliau tidak seramai karena pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan masyarakat tetap melaksanakan setiap menyambut bulan Ramadan. 

"Dalam dua tahun terakhir ini mandi balimau di Kampung Pinang Sebatang tetap dilaksanakan. Tapi Alhamdullilah, tahun ini lebih ramai masyarakat yang hadir," ujar Arizal.

Arizal menyebutkan, bahwa manusia yang baik adalah manusia yang bisa menjaga atau melastarikan budaya seperti mandi Balimau. "Atas nama pribadi dan Pemerintah Kampung Pinang Sebatang, saya juga menyampaikan ucapan maaf kepada masyarakat Pinang Sebatang," imbuhnya. 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Siak Androy Ade Rianda memberikan apresiasi karena sudah mempertahankan tradisi mandi balimau oleh Pemerintah Kampung Pinang Sebatang setiap tahun menyambut bulan suci Ramadan. 

Dirinya juga berharap masyarakat Pinang Sebatang tetap bersatu untuk memajukan pembangunan daerahnya. "Mari kita bersama-sama membangun daerah, jangan ada perpecahan karena politik lagi, mari sama-sama bangun Kampung Pinang Sebatang ini. Kedepan mandi balimau harus beda dari tahun sebelumnya," pungkasnya.

Ketua Panitia Mandi Balimau dan sekaligus Ketua Karang Taruna Kampung Pinang Sebatang Ibnu Khairi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kampung Pinang Sebatang, Kecamatan, Stakeholder atau Donatur yang turut membantu mensukseskan mandi Balimau di Kampung Pinang Sebatang. 

"Ini berkat kerja keras rekan-rekan pemuda Pinang Sebatang sehingga sukses terlaksana, kedepan kami akan membuat mandi Balimau berbeda dari tahun ini," imbuhnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar