25 Anak Tualang Ikut Sunat Massal Secara Gratis Yang Taja FSKT

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Forum Sahabat Kampung Tualang (FSKT) Kecamatan Tualang menaja kegiatan Sunat Massal untuk anak kurang mampu di salah satu rumah sahabat FSKT, yakni saudara Iwan yang berada di Jalan Batin Galang Kampung Tualang Kecamatan Tualang.

Uniknya, sunat massal untuk anak kurang mampu ini dihiasi dengan berbagai kegiatan tradisi melayu seperti berarak, silat, tepuk tampung tawar, dan lain sebagainya.

Ketua Forum Sahabat Kampung Tualang (FSKT) Kecamatan Tualang, Bukhari, S.Sos mengatakan, target sunat massal kali ini sebanyak 30 orang anak, cuma hanya 25 orang anak yang bisa disunat oleh dua orang petugas dari Puskesmas Kecamatan Tualang. 

"Kita membantu beban pihak keluarga dari anak yang disunat, ini bentuk kepedulian sosial kami anggota FSKT Kecamatan Tualang. Selain bentuk sosial, kita juga membangkitkan tradisi menjaga budaya Melayu yang lama hilang, istilah kalau kata orang melayu membangkitkan batang terendam," kata Bukhari kepada Riau Bernas, Kamis (20/1/2022) di sela-sela kegiatan.

Lanjut dia, Insya Allah kegiatan sunat massal ini, kalau  kita mampu kita usahakan rutin laksanakan tiap liburan sekolah atau tahunan.

Setelah anak-anak disunat, FSKT yang terdiri dari 350 anggota itu, juga memberikan bingkisan kepada anak-anak yang siap di sunat massal.

"Kita mengucapkan terimakasih kepada donatur, Ketua panitia Firdaus, seluruh pihak dan teman-teman yang membantu. FSKT sendiri merupakan wadah untuk menjalin silaturahmi serta menjaga marwah masyarakat Melayu. Jaga Marwah, jaga silahturahmi, jaga kampung, untuk kemajuan Kampung Tualang Kecamatan Tualang," imbuhnya.

Acara bakti sosial itu dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh Camat Tualang, Penghulu Kampung Tualang, beberapa anggota DPRD Kabupaten Siak Dapil Kecamatan Tualang, perwakilan Polsek dan Koramil Tualang serta tokoh masyarakat dan adik-adik KKN UNPAD Sumatera Barat.

Camat Tualang Zalik Efendi, S.Sos, menyambut baik apa yang dilakukan oleh Forum Sahabat Kampung Tualang. "Tradisi Melayu yang dilakukan tadi harus tetap terjaga, buat acara sunat massal untuk anak kurang mampu. Saya berharap tetap dilanjutkan, demi membantu keluarga yang membutuhkan, tetap berbuat baik dengan sesama," imbuh camat. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar