Bongkar Muat Besi Sampai Puluhan Ton di Surya Dumai, Ancam Jalan Kampung Rusak

Awak media saat konfirmasi ke pihak perusahaan hanya didepan pagar Surya Dumai.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Perusahaan Pelaksana PT. Mitra Karya melakukan pembongkaran Pabrik PT. Surya Dumai Industri (SDI) yang berada di jalan Hang Nadim Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Dalam pembongkaran pabrik, PT Mitra Karya selaku pemenang lelang besi tua mengeluarkan puluhan Ton besi tua menggunakan truk tronton yang sekali angkut mencapai 30 Ton saat melintasi jalan Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Seperti diketahui, bahwa jalan Kampung merupakan kelas tiga yang tidak boleh dilalui oleh truk Tronton.

Berdasarkan pengakuan Pemuda Kampung Tualang, bahwa ada dua unit truk Tronton melintas dari jalan milik Kampung, yang ditengarai akan membawa barang bekas berupa besi dan tembaga menuju kota Medan, Sumatera Utara. 

"Saya selaku pemuda yang peduli dengan jalan Kampung mengaku keberatan dengan truk Tronton melintasi jalur kampung kami, karena jelas bisa bikin rusak jalan ini. Setahu saya, kelas jalan itu bukan golongan jalan yang dilalui truk Tronton," ungkapnya kepada Riau Bernas, Kamis (13/1/2022). 

Sementara itu, Pengawas Bongkar muat Besi Tua PT. Mitra Karya, Supri, saat dikonfirmasi dilokasi membenarkan bahwa ada dua unit truk Tronton yang sudah bongkar. 

"Ya memang ada dua unit lewat bang. Hari ini ada satu lagi truk mau masuk bang," ujarnya. 

Terkait hal ini, Penghulu Kampung Tualang Juprianto saat dikonfirmasi menyampaikan, perihal kerusakan jalan,  dirinya memastikan bahwa hal tersebut sudah ditanggungjawab oleh pihak perusahaan yaitu PT. Surya Dumai Industri. 

"Kemarin sudah dibicarakan, kalau jalan rusak perjanjian orang Surya Dumai akan diperbaiki, belum dilalui sudah di cor sama mereka. Pokoknya kalau rusak jalan itu diperbaiki," tegas dia kepada pihak perusahaan. 

Juprianto juga menegaskan bahwa dirinya akan memantau, setiap ada bentuk kerusakan, "Kami akan terus mengawasi, apabila ada bentuk kerusakan kita akan sampaikan ke pihak Surya Dumai," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar