Juara I di Bujang Dara Kabupaten Pelalawan 2021

Febri Zain dan Irma Yana Manik Wakili Pelalawan di Ajang Bujang Dara Provinsi Riau

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Febri Zain dan Irma Yana Manik akan Wakili Kabupaten Pelalawan di ajang pemilihan Bujang Dara Provinsi Riau tahun 2021, setelah keduanya terpilih sebagai juara 1 di ajang Bujang Dara Kabupaten Pelalawan yang Grand Finalnya berlangsung pada Selasa malam (23/11/2021) di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja.

Untuk ajang Bujang Dara di Provinsi Riau akan dimulai pada tanggal 26 November 2021 memasuki masa karantina, dan Grand Finalnya akan berlangsung pada tanggal 29 November 2021.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pelalawan Tengku Junaidi, M.AP mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Disparpora sejak tahun 2011 sampai saat ini dan dananya bersumber dari APBD Kabupaten Pelalawan.

"Tahun 2020, kita tidak melaksanakan pemilihan Bujang Dara karena kendala pandemi Covid-19. Penyelenggaraan pemilihan Bujang Dara ini merupakan salah satu upaya pelestarian nilai-nilai seni dan budaya yang ada di Kabupaten Pelalawan," terang Tengku Junaidi kepada media ini Kamis (25/11/2021).

Tengku Junaidi menjelaskan, bahwa tahapan pemilihan Bujang Dara ini dimulai pada tanggal 09 Oktober 2021 sampai 19 Oktober 2021 yaitu registrasi peserta, dengan jumlah pendaftar sebanyak 50 peserta, terdiri dari 15 Bujang dan 35 Dara. 

Dan pada tanggal 20 Oktober 2021,lanjutnya, diadakan audisi di GOR Tengku Pangeran, dan terpilihlah sebanyak 12 pasang Bujang Dara yang masuk dalam Grand Final pada Selasa malam kemarin.

"Ada tiga item yang menjadi penilaian Dewan juri pada Grand Final di ajang pemilihan Bujang Dara, yaitu Speaking, penampilan, dan pengetahuan umum (Wawasan)," terang Tengku Junaidi, yang juga merupakan salah seorang Dewan Juri di ajang pemilihan Bujang Dara itu. 

Sementara itu, Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddin, SH, MH, saat membuka secara resmi Grand Final Bujang Dara Tahun 2021 kemarin, sangat mengapresiasi kegiatan pemilihan Bujang Dara Kabupaten Pelalawan ini. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Bujang Dara yang terpilih dapat mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Pelalawan.

"Banyak potensi yang bisa dipromosikan terkait pariwisata yang ada di daerah ini. Dengan dipromosikannya potensi pariwisata di daerah ini maka langsung atau tidak akan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) daerah ini," katanya. 

Nasaruddin juga mengatakan, sejak dilaksanakan dari tahun 2011, Bujang Dara Kabupaten Pelalawan sudah ada yang berkiprah di Nasional dengan menjadi Duta Lingkungan dan Duta Batik Nasional.

Nasaruddin juga berpesan kepada para peserta yang masuk Grand Final dan khususnya kepada pemenang, prestasi ini jangan cukup puas di sini saja. "Tapi justru menjadi pemicu semangat untuk bisa berprestasi lebih baik lagi ke depannya dan mengharumkan nama Kabupaten Pelalawan di tingkat Provinsi maupun Nasional," ujar Nasar.

Sebagai juara II Bujang Dara Kabupaten Pelalawan 2021, M. Alnanda Satrio Dwi Kusuma dan Egidia Risda Dynata Lase, dan juara III Satrio Wibowonegoro dan Firda Amelia.

Adapun yang menjadi dewan juri yaitu : Sella Pitaloka Zukri S.AP (Pembina Bujang Dara), Tengku Junaidi M.AP, (Sekretaris Disparpora), Alfiandri (Dinas Pariwisata Provinsi Riau), Andi Saputra S.Pd, dan Silviani Eka Virgowati. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar