Pasca Banjir, Warga Kuala Terusan Dapat Pengobatan Gratis

Petugas kesehatan dari Puskesmas Pangkalan Kerinci sedang memeriksa kesehatan warga Desa Kuala Terusan yang ditaja CD PT RAPP.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Pasca bencana banjir yang melanda Desa Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, bulan lalu, pada Senin kemarin (28/3/2016), masyarakat di desa tersebut berkumpul di Mushala Mujahiddin guna mendapatkan pengobatan massal gratis. Selain kegiatan pelayanan kesehatan dan pengobatan ini, juga dilaksanakan pembagian vitamin C pada anak-anak dan siswa SD Negeri 002 Kuala Terusan.

Kepala Dusun Kuala Terusan, Herman sangat mengapresiasi bantuan pengobatan gratis yang diberikan oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sebagai salah satu bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung kesehatan masyarakat.

Ia juga mengucapkan terima kasih karena selain pengobatan gratis, sebelummnya Desa Terusan juga telah mendapatkan aneka program CD lainnya dari perusahaan.

"Selaku pemerintah desa, kami mengucapkan ribuan terimakasih atas pogram CD yang dilaksanakan oleh PT. RAPP yang memberikan obat-obatan dan multivitamin pada anak-anak. Kami sangat mengapresiasi karena selain acara pengobatan massal gratis ini, kami juga telah menerima bantuan-bantuan mulai dari bantuan perikanan, dan material bangunan," ujarnya.

Katanya, pelayanan kesehatan menjadi salah satu bantuan penting bagi masyarakat, karena selain faktor geografis yang jauh dari akses kesehatan, juga karena faktor ekonomi yang tidak memungkinkan untuk berobat.

"Sebagian besar warga Desa Kuala Terusan bermata pencaharian sebagai nelayan dan sebagian dari kami tidak terlalu peduli memperhatikan masalah kesehatan, salah satunya karena akses yang jauh. Sementara di sini bidan hanya ada satu," ucapnya.

Salah satu warga, Yulinda menyatakan bahwa program ini sangat bagus. Menurut wanita berumur 26 tahun ini, ia berharap agar pelaksanaan kegiatan pengobatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

"Saya sakit maag, dan sudah diberi obat oleh bu Dokter. Program ini bagus dan ramai yang berobat. Saya berharap semoga program ini terus berlanjut," tandasnya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pangkalan Kerinci, Drg. Erlinda menyatakan bahwa CD RAPP dan Puskesmas sudah melakukan banyak kerjasama, namun pengobatan massal gratis di Kuala Terusan menjadi program kerjasama pertama.

"Kita sudah lama melakukan kerjasama dengan RAPP, dimana kami membantu 7 tenaga medis dan obat-obatan. Saat ini yang perlu diperhatikan adalah semakin maraknya pengidap penyakit tidak menular, hal inilah yang perlu menjadi perhatian kita bersama," kata Erlinda seraya mengatakan bahwa dirinya menginginkan program ini dapat berkesinambungan.

Manager CD RAPP, Sundari Berlian, sendiri terkait hal ini mengatakan, bahwa tujuan program ini adalah meringankan beban masyarakat dalam hal pengobatan dan tidak terjangkaunya fasilitas kesehatan, seperti di Desa Kuala Terusan.

"Sudah kedua kalinya CD RAPP melakukan pengobatan masal gratis di tahun 2016 ini, yang kali ini diadakan di Desa Kuala Terusan, Kabupaten Pelalawan. Kuala Terusan menjadi tujuan pengobatan massal gratis karena masih desa ini masih rentan terkena berbagai macam penyakit pasca banjir. Kami merencanakan tahun ini akan dilaksanakan 30 pengobatan di lima kabupaten," ungkapnya. (rls)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar