RAPP-Tanoto Foundation Kembangkan Sekolah Bersih

Tampak para peserta antusias dalam Pelatihan Sekolah Bersih.

KUANSING, RIAUBERNAS.com - Sebagai komitmen dalam meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas, PT. Riau Andalan Pulp dan Paper (RAPP) dan Tanoto Foundation menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) untuk para guru sekolah dasar di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan pelatihan Sekolah Bersih dilaksanakan bagi guru-guru sekolah dasar yang berada di dalam area operasional RAPP di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kampar. Pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta dari 19 sekolah dasar dari Baserah, Cerenti, Logas dan Peranap ini dilaksanakan di Wisma Hasanah, Teluk Kuantan, mulai Rabu (17/2) hingga Jumat (19/2).

Dalam pembukaan Pelatihan Sekolah Bersih tersebut, hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi, Jomaris, Estate Manager  Baserah, Jordan Masro, Regional  Stakeholder   (SGR), Maswir dan SGR Cerenti, Herlan.

Jomaris mengapresiasi langkah yang dilakukan PT. RAPP dan Tanoto Foundation yang terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan, baik dari Segi SDM maupun sarana prasarana  sekolah.
 
"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan dalam mempermudah inventaris dan memantau kondisi sarana dan prasarana sekolah-sekolah diwilayah Kuantan Singingi ini, sehingga memudahkan kami dalam merencanakan program perawatan dan perbaikan lingkungan sekolah. Selesai pelaksanaan kegiatan ini nantinya, kami dari Dinas Pendidikan akan melakukan monitoring dan memantau proses implementasinya disekolah-sekolah peserta pelatihan ini," ungkapnya.

Acara ToT juga dilaksanakan di Kabupaten Teluk Meranti juga diikuti sangat antusias oleh 36 guru dari 22 Sekolah Dasar  dari Kecamatan Tebing Tinggi, Selat Panjang, Kecamatan  Tasik Putri Puyu, dan Kota Dumai.  Pelatihan Pelita Pendidikan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi, sejak Selasa (16/2) hingga  Jumat (12/2).

Pembukaan pelatihan ToT  Pelita Harapan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. M. Arif, Sekretasis Dinas Pendidikan kabupaten Dumai, dan Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) Dari kecamatan tebing Tinggi dan Dumai, serta Estate Manajer Pulau Padang, Marzum. M. Arif menilai kegiatan pelatihan ini merupakan agenda yang sangat bagus bagi para tenaga pengajar dan diharapkan kerjasama antara RAPP dan sekolah.

"Pelatihan untuk guru-guru ini merupakan kesempatan yang bagus dalam mengembangkan metode yang lebih baik lagi untuk meningkatkan semangat belajar anak didik kita," katanya.

Training Specialist Tanoto Foundation, Sasmoyo Hermawan menyatakan bahwa dalam pelatihan ini, pihaknya ingin mengajarkan supaya anak didik belajar untuk berpikir, salah satunya dengan menggunakan metode yang berbeda.

"Anak-anak itu seperti komputer, bukan flashdisk, jadi harus diajak untuk mengolah dan berpikir, bukan hanya diisi oleh data. Dalm pelatihan ini kami mengajarkan menggunakan yang metode yang sederhana dan menggunakan bahan ajar yang murah dan mudah ditemukan, misal hanya dengan seutas tali, namun dapat digunakan untuk mengajar materi ruang datar,” jelas Samsoyo.

Salah satu peserta pelatihan , Susmiyati , menyatakan pelatihan yang telah diikuti ini sangat membawa manfaat. Dengan adanya pelatihan ini, Susmiyati merasa sangat puas mengajar anak didiknya.

"Alhamdulillah pelatihan ini sangat bermanfaat. Ketika kami diminta untuk praktek mengajar di SDN 02 Selat Panjang, kami merasa anak-anak sangat semangat belajar, bahkan ada murid yang awalnya tidak suka menjadi suka dengan pelajaran matematika. Rasanya mengajar dua jam itu serasa mengajar setengah jam," ucap guru kelas 2 SDN 02 Selat Panjang ini.

Marzum menyampaikan bahwa RAPP dan Tanoto Foundation akan terus berkomitmen dalam meningkatkan pendidikan, saah satunya dengan melatih keterampilan para guru.

"RAPP sangat peduli dalam memajukan pendidikan, yang dalam hal ini dibantu oleh Tanoto Foundation.  Secara berkesinambungan kami akan terus berpartisipasi dalam kemajuan pendidikan dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan pemerintah," tandasnya.(rls)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar