Ini 3 Alasan di Balik Turunnya Tarif Listrik

Jakarta - PT PLN (persero) menyatakan tarif listrik kembali mengalami penyesuaian mulai Januari 2016. Hal ini berlaku untuk 12 golongan tarif yang sudah tidak disubsidi pemerintah. Dibandingkan Desember, 10 dari 12 golongan tarif  mengalami penurunan hingga Rp 100 per kilowatthour (kWh).

Hal ini disebabkan oleh penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dan penurunan harga minyak mentah. Alasan turunnya tarif listrik menjadi artikel paling banyak dibaca. Lengkapnya, berikut tiga artikel paling populer kanal bisnis

1. Ini Alasan Tarif Listrik 12 Golongan Turun Awal Januari 2016

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tarif tenaga listrik untuk pelanggan golongan non-subsidi turun pada awal Januari 2016.
 
Ada beberapa pertimbangan yang mendasari pemerintah mengambil kebijakan tersebut, salah satunya penurunan harga minyak dunia.   
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tarif tenaga listrik untuk pelanggan golongan non-subsidi turun pada awal Januari 2016.
 
Ada beberapa pertimbangan yang mendasari pemerintah mengambil kebijakan tersebut, salah satunya penurunan harga minyak dunia.  
 
"Tarif listrik turun di awal Januari 2016. Itu berlaku untuk golongan yang tidak disubsidi, yakni ada 12 golongan pelanggan," tegas Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/12/2015).
 
Dia menjelaskan, alasan pemerintah mengubah tarif tenaga listrik karena harga jual minyak dunia menurun, sehingga berimbas pada melorotnya harga patokan Indonesia Crude Price (ICP).
 
"Tarif listrik turun itu yang jelas karena ICP turun. Kalau kurs kan tergantung. Itu yang pengaruh besar. Inflasi berpengaruh tapi tidak sebesar dua itu," papar Jarman.  


2. Ragam Reaksi dan Efek dari Mundurnya Bos Freeport

Salah satu perusahaan tambang emas dan tembaga terbesar di dunia, Freeport Mcmoran ditinggalkan salah satu tokoh pentingnya. Komisaris utama yang juga pendiri perusahaan ini, James Robert Moffet mengundurkan diri dari jabatannya. James atau yang biasa dipanggil Jim Bob ini juga adalah tokoh penting di balik lahirnya tambang emas Grasberg, di Papua, yang jadi salah satu tambang emas terbesar di dunia. Tambang emas tersebut dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

Salah satu perusahaan tambang emas dan tembaga terbesar di dunia, Freeport Mcmoran ditinggalkan salah satu tokoh pentingnya. Komisaris utama yang juga pendiri perusahaan ini, James Robert Moffet mengundurkan diri dari jabatannya.

James atau yang biasa dipanggil Jim Bob ini juga adalah tokoh penting di balik lahirnya tambang emas Grasberg, di Papua, yang jadi salah satu tambang emas terbesar di dunia. Tambang emas tersebut dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Selepas mengundurkan diri dari jajaran dewan direksi dan komisaris Freport Mcmoran, Jim Bob masih berhubungan dengan Freeport. Dirinya berperan sebagai konsultan perusahaan.

Salah satu pemegang saham terbesar di Freeport, Carl Icahn, yang dimiliki 8,8 persen dari Freeport pada 22 September, telah mengkritisi pengeluaran perusahaan, struktur modal dan kompensasi eksekutif pada saat harga komoditas lemah. Icahn dan Freeport mencapai kesepakatan pada bulan Oktober, menempatkan `pembatasan` pada aktivis investor mencari penghapusan dari setiap anggota dewan.

Perusahaan mengatakan akan mengurangi jumlah direksi menjadi sembilan dari 16, dan memisahkan bisnis minyak dan gas dari operasi penambangan. Moffett, yang telah menjadi Bos Freeport dan perusahaan pendahulunya sejak tahun 1984, mendirikan McMoRan Minyak & Gas Co pada tahun 1969 dan memimpin merger dengan Freeport Minerals Co pada tahun 1981.


Reaksi Pemerintah

Pemerintah menegaskan tidak akan turut campur dari keputusan yang diambil perusahaan tersebut. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan, mundurnya James R Moffett merupakan keputusan internal perusahaan dan Pemerintah Indonesia akan menghormati keputusan tersebut.

"Itu keputusan internal korporasi Freeport McMoran. Pemerintah tidak akan ikut campur," kata Sudirman di Jakarta.

‎Menurut dia, pemerintah menyambut positif setiap perubahan dalam tubuh perusahaan tambang itu. Alasannya, penyegaran pimpinan akan membawa suasana baru di Freeport. "Termasuk dalam pengelolaan portofolio mereka dan stakeholder di Indonesia," tambah dia.

Selain itu,‎ dengan kehadiran pimpinan baru, akan menciptakan sistem kerja baru di Freeport. "Pemimpin baru selalu membawa suasana dan cara kerja baru," tutup Sudirman.

Pimpinan Freeport Mcmoran Inc yang juga Co Founder dari perusahaan tambang tersebut, James Moffet mengundurkan diri dari jabatannya. Jim panggilan James Moffet, selanjutnya akan menjadi konsultan di perusahaan tersebut.


Suasana baru pasca pengunduran diri Jim Bob

Menteri ESDM, Sudirman menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di KPK, Jakarta, Jumat (13/11). Sudirman Said diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap proyek pembangkit listrik mikro hidro di Kabupaten Deiyai, Papua. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku menyambut baik. Dia berharap perubahan itu akan membawa dampak yang positif.

"Saya selalu menyambut baik, menyambut positif setiap perubahan, karena perubahan itu pasti akan membawa suasana baru," kata Sudirman.

Dia menegaskan keputusan Jim tersebut tidak ada kaitannya dengan proses perpanjangan kontrak Freeport Indonesia yang tengah menjadi sorotan berbagai kalangan belakangan ini.

"Itu keputusan internal korporasi mereka, pemerintah tidak bisa ikut campur‎," tegas Sudirman.

Namun begitu, Sudirman mengharapkan dengan ditetapkannya Jim sebagai konsultan Freeport dan adanya pengganti di posisi yang ditinggalkannya, dapat membawa suasana dan sistem kerja yang baru.

Dengan ada sistem kerja baru itu akan membawa dampak positif terhadap kinerja perusahaan tersebut, termasuk anak usahanya yang beroperasi di Indonesia, PT Freeport Indonesia.

‎"Pemimpin baru dari Freeport tentu akan membawa cara kerja baru yang tentu bisa kita antisipasi, saya kira itu adalah urusan internal mereka," ujar dia.

Saham Anjlok

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan berada di kisaran 4.520-4.600 pada Selasa pekan ini.

Pendiri Freeport-McMoran Inc James Moffett mengundurkan diri dari puncak pimpinan di perusahaan telah membuat harga saham Freeport McMoran Inc jatuh di awal pekan ini.

Harga saham Freeport turun 9 persen menjadi US$ 6,86 di awal pekan ini. Bahkan selama Moffet menjadi komisaris utama, saham Freeport McMoran telah turun signifikan dari US$ 60 menjadi US$ 7.

"Sejak (Moffett) telah mencapai puncak pimpinan, saham Freeport telah turun dari US$ 60 menjadi US$ 7," ujar Analis Tigress Financial Partners Ivan Feinseth seperti dikutip dari laman Reuters.

Ia menambahkan, saat saham Freeport mendekati level US$ 60, manajemen memutuskan untuk diversifikasi ke logam dan pertambangan menjadi minyak. "Jadi itu akan menjadi keputusan yang buruk lain," kata dia.


3. Kaleidoskop Bisnis September: Ikan Seharga Alphard Buruan Pencuri

Potensi sumber daya laut yang melimpah membuat perairan Indonesia menjadi incaran kapal asing pencuri ikan. Salah satu jenis ikan yang paling diburu adalah ikan tuna sirip kuning (tuna yellowfin) karena harganya yang sangat mahal di pasaran

"Seekor ikan tuna yellowfin setinggi manusia harganya senilai mobil Alphard. Jadi  memang nilainya tinggi sekali," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Anti Illegal Fishing Mas Achmad Santosa.

Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi karena rasanya yang enak dibanding jenis ikan lain. Tak heran, para pembeli rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan ikan ini. Baca selengkapnya di sini!

Potensi sumber daya laut yang melimpah membuat perairan Indonesia menjadi incaran kapal asing pencuri ikan. Salah satu jenis ikan yang paling diburu adalah ikan tuna sirip kuning (tuna yellowfin) karena harganya yang sangat mahal di pasaran

"Seekor ikan tuna yellowfin setinggi manusia harganya senilai mobil Alphard. Jadi  memang nilainya tinggi sekali," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Anti Illegal Fishing Mas Achmad Santosa saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta.

Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi karena rasanya yang enak dibanding jenis ikan lain. Tak heran, para pembeli rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan ikan ini. Pasar tuna yellowfin terbesar adalah Jepang, Taiwan, Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

Achmad juga menyebutkan salah satu indikasi besarnya pundi-pundi uang yang dikantongi para pencuri ikan ini yaitu mereka rela berputar-putar di laut demi menghindari para aparat hukum yang melakukan patroli. Itu berarti besarnya untung yang diraih bisa menutupi tingginya biaya operasional kapal tersebut.

"Ada pelaku setelah melakukan bongkar muat di tengah laut (transhipment) ketika menuju ke Thailand, dia harus pakai jalur yang jauh untuk hindari aparat hukum. Kalau dia ambil jarak jauh itu berarti cost (biaya) tinggi, mereka jabanin. Itu artinya nilai ikan yang dibawa tinggi," cerita dia.

Sekadar informasi, Indonesia merupakan salah satu produsen terbesar ikan tuna. Tuna yang biasa ditangkap di perairan Indonesia, antara lain jenis yellowfin tuna, big eye tuna atau biasa disebut tuna mata besar, albacore, dan southtern blue fin tuna.

Potensi tuna sirip kuning yang terbesar di Indonesia diperkirakan berada di Laut Flores dan Selat Makassar, dengan luas area penangkapan sekitar 605 ribu kilometer persegi (km2). (***)


Editor        : Ai
Sumber    : liputan6.com


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar