Bupati dan Kapolres Siak Tinjau Swap Antigen di IKPP, Ratusan di Swap, 4 Positif Covid-19

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si dan Kapolres Siak AKBP Gunar Rahardiyano melakukan peninjauan Swap Antigen di aula Bunut PT. IKPP Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Sabtu (21/8/2021).

Sebanyak 425 masyarakat umum dan karyawan PT. IKPP Perawang, Pindo Deli, dan Subkontraktor PT. IKPP Perawang mengikuti Swap Antigen, 7 tempat Swap di siapkan oleh PT. IKPP Perawang dan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak. 

"425 masyarakat yang di Swap Antigen, 4 masyarakat dinyatakan positif Covid-19," kata Kepala Puskesmas Perawang Kecamatan Tualang Drg Nedra kepada Riau Bernas, Sabtu (21/8/2021).

Keempat warga itu, lanjut dia, dilakukan Isolasi mandiri di Mes PT. IKPP Perawang. "Tadi masyarakat yang positif Covid-19 sudah diberikan vitamin oleh Kapolres, semoga secepatnya mereka hasilnya negatif. Mohon masa Isoman, pasien positif Covid-19 tidak berkeliaran cukup di rumah maupun mes yang disediakan," ujarnya. 

Kapolres Siak AKBP Gunar Rahardiyano mengatakan, testing atau Swap Antigen secara masif ini dilakukan apa yang di amanatkan oleh Kemendagri no 31 tahun 2021 dengan pelaksanaan level 4.

Ada dua cara dilakukan untuk mengurangi laju penularan Covid-19, pertama dengan mengikuti 5 M, kemudian mempercepat kegiatan Tracking dan Testing. "Kemarin sudah kita lakukan semua bersama instansi terkait, mulai dari penerapan Protokol Kesehatan, pembatasan kegiatan masyarakat, penyekatan, dan kemudian melakukan kegiatan Yustisi dan pembagian masker," ujar Kapolres. 

Terkait testing atau Swap Antigen secara masif yang dilakukan, ini untuk mempercepat dan mengetahui mana yang sudah terpapar, mana yang sehat. "Ini dimaksudkan supaya percepatan untuk segera penanganan masyarakat yang terpapar untuk diobati dan dilakukan Isolasi mandiri, supaya tidak menular yang ke yang lain," jelas Kapolres. 

Kita imbau masyarakat untuk sadar dan lebih patuh terhadap apa yang menjadi kebijakan pemerintah, ikuti aturan, selalu menjaga kesehatan, supaya kita semua terhindar dari virus Covid-19.

Perihal yang positif Covid-19 tadi, lanjut Kapolres, sudah diminta dilakukan Isolasi mandiri di Mes yang telah disediakan. "Sudah diberikan obat-obatan dan diminta  Isolasi, selanjutnya dilakukan tracing, untuk mengetahui kontak erat siapa saja yang ketemu dengan pasien tersebut," tutup Kapolres.

Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si mengatakan, terkait testing di aula IKPP Perawang hari ini ditargetkan 1000 orang perhari. Ini tentunya amanah dari Mendagri no 31 tahun 2021 tentang PPKM Level 4 diluar Jawa termasuk Siak. "Kita harus melakukan testing atau Swap Antigen sebanyak 7400 setiap hari, target ini lah yang kita kerjakan, ini berjalan di seluruh kecamatan," jelas Bupati. 

Swap antigen sudah dilakukan kepada ASN, pegawai honor, kalau TNI/Polri sudah duluan. Sebelum divaksin, nanti di Swap dulu termasuk di seluruh perusahaan di Kabupaten Siak dan anak kita yang belajar di pesantren, jemaah dan lingkungan masyarakat.

"Ini dilakukan untuk mencapai target, sehingga diharapkan kita bisa melihat kondisi penularan ini secara masif ditengah tengah masyarakat. Kita bisa mengambil langkah apa dan terobosan untuk bagaimana mengurangi penularan Covid-19 dan mengurangi tingkat kematian," tutup Bupati. (Infotorial/Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar