Perhatikan Kesehatan Suku Pedalaman, Kapolres Inhu Dihadiahi Tanjak Suku Talang Mamak

INHU, RIAUBERNAS.COM - Dalam rangka pemberian Vaksinasi Covid-19 masyarakat Suku Talang Mamak di Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau, yang merupakan suatu tindakan khusus memperhatikan kesehatan masyarakat pedalaman, Kapolda Riau beserta Kapolres Inhu menyelenggarakan Vaksinasi Massal.

Tidak tangung-tangung, penyediaan Vaksinasi tersebut sebanyak 800 dosis Vaksin untuk Suku Talang Mamak, meskipun pada hari senin 16 Agustus 2021 di ikuti lebih kurang 200 orang masyarakat mengikuti Vaksin Covid-19.

Atas perhatian itu, Batin Adat, Mangku Adat, dan Ketua Adat Suku Talang Mamak, memberikan hadiah Cendra Mata kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Satya Imam Efendi berupa Keris Adat mereka, Kapolres Inhu AKBP Bactiar Alponso, S.I.K, M.Si berupa Tanjak Suku Talang Mamak, pemberian cendra mata tersebut juga di dampingi Bupati Inhu Rezita Maylani.

Dalam perbincangan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Satya Imam Efendi saat berdialog dengan Ketua Adat Suku Talang Mamak mengatakan, antusias warga Talang Mamak mengikuti pemberian Vaksinasi sangat tinggi, dan ini merupakan pemberian vaksin untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam pencegahan Covid-19 bagi masyarkat suku Talang Mamak, maka dari itu semua harus di vaksin meskipun tidak memiliki NIK maupun KK.

"Vaksin ini diberikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak tertular Covid-19 dan setelah di vaksin nantinya jangan pulang dulu namun harus tunggu 30 menit baru pulang, khusus suku pedalaman tidak memiliki NIK bisa di berikan Vaksin, karena nanti untuk adminiatrasi dalam pengimputan data memiliki aplilasi tersendiri," ungkap Kapolda Riau.

Kapolda Riau juga mengatakan didepan Ketua Adat Suku Talang Mamak, saat ini juga banyak anggota Polri berasal dari Suku Talang Mamak dan nantinya kedepan jika ada anak-anak asli suku Talang Mamak masuk Polri, Polda Riau akan mengakomodirnya.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi juga mengungkapkan, untuk suku Talang Mamak sendiri belum ada pernah terkonfirmasi Virus Corona atau Covid-19.

Usai menerima cendramata berupa tanjak suku Talang Mamak, Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, S.I.K, M.Si mengatakan baru pertama kali mendapatkan tanjak dari Suku Talang Mamak.

"Ini baru pertama kali saya mendapatkan tanjak dari suku pedalaman dan mudah-mudahan kegiatan vaksinasi hari ini bermanfaat bagi masyarakat serta menambah kekebalan tubuh agar terhindar dari penularan Covid-19," tutup Kapolres.

Sebagai tuan rumah tempat pemberian Vaksinasi Massal, Ketua Adat Suku Talang Mamak Arifin mengungkapkan di depan Kapolda Riau dan Kapolres Inhu, dirinya merasa bersyukur telah mendapat perhatian dari Kapolda Riau memperhatikan kesehatan bagi Suku Talang Mamak dengan memberikan Vaksin gratis.

"Selama ini tidak pernah ada kegiatan seperti ini dan saya merasa bersyukur betul pak, baru kali ini ada Kapolda, Kapolres datang kesini ditempat gubuk kami pak. Sudah punya cucu baru inilah ada kayak gini," ungkap Ketua Adat Suku Talang Mamak, Kecamatan Rakit Kulim Arifin. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar