Serda Purnomo Ajak Masyarakat Pantau dan Awasi Karhutla

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Rantau Panjang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Purnomo mengajak masyarakat Kampung Rantau Panjang untuk  berperan aktif dengan ikut mengawasi dan memantau titik rawan kebakaran hutan dan lahan di lokasi rawan Kebakaran hutan dan lahan Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.

"Kita minta masyarakat nembantu untuk mengawasi Karhutla, jangan ikut membakar hutan dan lahan, kalau terbukti akan berurusan dengan pihak berwajib," kata Serda Purnomo kepada Riau Bernas, Senin (9/8/2021).

Dijelaskan dia, bagi pelaku pembakar hutan dan lahan akan di penjara paling lama 10 tahun. "Kita tidak ingin masyarakat di tahan, makanya kita tidak bosan-bosannya mengingatkan, jangan membakar hutan dan lahan, kan masih ada cara lain untuk membersihkan hutan dan lahan, bisa menggunakan alat berat atau bersihkan secara manual," jelas dia. 

Lanjutnya, bahwa apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, petugas akan kesulitan memadamkan api, karena kondisi lahan saat ini gambut dan mudah terbakar, sekali terbakar cepat meluas, maka masyarakat jangan lakukan itu.

Selama melakukan penyisiran bersama masyarakat, Serda Purnomo tidak menemukan titik api. "Saat ini Kampung Rantau Panjang nihil dari titik api," jelasnya.

Masyarakat Rantau Panjang mengaku setuju dengan Kegiatan Sosialisasi dan Patroli Karhutla tersebut. "Mereka berjanji tidak akan melakukan pembakaran hutan dan lahan, apabila terjadi mereka siap di proses secara hukum," tutupnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar