Sertu Uuk Sudarijanto Minta Masyarakat Maredan Berperan Aktif Pantau Titik Karhutla

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Maredan Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Sertu Uuk Sudarijanto meminta masyarakat Maredan untuk berperan aktif memantau titik api kebakaran hutan dan lahan di Kampung Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Selain itu, Sertu Uuk Sudarijanto juga melakukan penyisiran dilahan maupun hutan yang dinilai rawan terhadap terjadinya karhutla. "Kita sampaikan kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan. saat melakukan penyisiran, kita tidak menemukan titik api, artinya Kampung Maredan nihil dari titik api," kata Sertu Uuk Sudarijanto kepada Riau Bernas, Selasa (22/6/2021).

Ia juga melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan ke masyarakat Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Dalam sosialisasi itu masyarakat Maredan setuju dan menerima untuk tidak bakar hutan dan lahan. 

"Apabila terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, masyarakat bersedia untuk dihukum sesuai aturan yang berlaku yaitu penjara 10 tahun," jelas dia.

Ia  juga mengajak masyarakat menjaga Kampung Maredan dari kebakaran hutan dan lahan. "Ia mengajak masyarakat berperan aktif dengan ikut mengawasi dan memantau titik rawan kebakaran hutan. Jangan membakar hutan dan membuka lahan dengan cara membakar karena berdampak bagi kesehatan yaitu polusi udara dan merusak ekosistem hutan," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar