Jadi Irup, Sekda Siak: Kedepankan Deteksi Dini Untuk Cegah Mudik

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menjadi Inspektur Upacara atau Irup pada
Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2021 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kapolres Siak.

Apel yang di ikuti oleh Polisi/TNI, Satpol PP, Damkar, Dinas Perhubungan dan Senkom tersebut, berlangsung dengam khidmat serta menerapkan Protokol Kesehatan.

Sekda Arfan Usman membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo. Ia Menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan sebagai bentuk pengecekan akhir pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H. Sasaran pengamanan dalam Operasi Ketupat Lancang Kuning 2021 tersebut adalah orang atau aktifitas masyarakat menjelang Idul fitri dan diakhir bulan suci ramadhan serta pelarangan mudik lebaran.

"tahun ini pemerintah memutuskan untuk melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 6 hingga sampai tanggal 17 mei tahun 2021. Ini merupakan tahun ke dua dimana pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik, Karena situasi Pandemi Covid 19, untuk itu perlu antisipasi dan kesiapan petugas," kata Sekda

Sekda menyebutkan, Operasi Ketupat 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, dengan mengedepankan kegiatan pencegahan yang didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan Hari raya Idul Fitri 1442. Pada intinya tetap menerapkan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

"Peningkatan aktifitas masyarakat pada Bulan Ramadhan serta pada Lebaran tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamseltibcar lantas dan pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19. Antisipasinya, Polri menggelar pelaksanaan operasi terpusat "Ketupat-2021. Pos penyekatan dijaga 24 jam, terbukti mudik, langsung putar balik. Itu merupakan cara deteksi dini untuk pencegahan penularan Covid-19," tutupnya. (Adv/Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar