Kadisdik: Target 2020 Pencapaian Adiwiyata Ditingkatkan

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Dinas Pendidikan dan Dinas lingkungan hidup (DLH) Rokan Hilir sosialisasi ke sekolah-sekolah, tentang tujuan pelaksanaan program adiwiyata untuk seluruh sekolah Se Rokan Hilir.

Sekolah berbasis Adiwiyata pada level Kabupaten, mengacu pada Permen lingkungan Hidup (PLH), yakni nomor 5 tahun 2013, tentang pedoman pelaksanaan adiwiyata.

"Program adiwiyata di sekolah-sekolah diupaya terukur dengan penilaian 5 point", kata Kadisdik Rohil, Drs.H. Wan Rusli Syaref, M.si kepada awak media, Kamis (14/02/2019) di SMAN 1 Bagansiapiapi.
 
Adapun point penting itu, tambah, Rusli, seperti penghematan sumber energi, hemat sumber air, peralatan dan penguna ATK, pengelolaan dan pengurangan sampah, serta penghijauan di dalam sekolah maupun luar sekolah.

Menurut Rusli, basis lingkungan Adiwiyata adalah dikategorikan tempat baik, ideal dan harmoni, dapat merangkum segala ilmu pengetahuan. Selain itu, dapat menyimpulkan berbagai norma dan etika menjadi dasar manusia menuju kesejahteraan hidup, pembangunan berkelanjutan.

Selanjutnya, Pembinaan Adiwiyata bertujuan meningkatkan kapasitas sekolah dan kapasitas kelembagaan, serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan adiwiyata.

"Bahkan program bisa meningkatkan capaian kinerja adiwiyata provinsi dan kabupaten, termasuk lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar", kata Rusli lagi.

Ia menegaskan, sangat mendukung atas program adiwiyata masuk ke sekolah-sekolah, karena dengan program menjadi lingkup sekolah sehat, asri dan nyaman, dengan berbagai tanam-tanaman penghijauan.

"Ditahun 2020, target ditingkatkan perolehan adiwiyata, bahkan 2019, 19 sekolah adiwiyata tingkat nasional dan 36 Adiwiyata tingkat provinsi Riau", tandasnya. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar