81 Rumah di Muara Bungkal Terendam Banjir, Akses Jalan Menuju Persawahan Lipai Terputus

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sebanyak 81 rumah di Kampung Muara Bungkal Kecamatan Sungai Mandau Terendam banjir sejak lima hari yang lalu. hal itu disebabkan karena curah hujan tinggi mengakibatkan Sungai Mandau meluap sampai ke pemukiman warga, 81 kepala keluarga memilih bertahan dirumahnya, meski air sudah tergenang dirumahnya.

Penghulu Muara Bungkal Subiranto membenarkan, bahwa ada 81 KK atau rumah terendam air sejak Kamis lalu. Penyebab banjir karena hujan deras yang mengguyur Kecamatan Sungai Mandau, sehingga membuat tiga dusun diwilayahnya terendam banjir.

“Kedalaman banjir mencapai 1 meter pada Kamis minggu lalu. Alhamdulillah, sejak Sabtu sampai hari ini tidak ada hujan, jadi airnya sudah mulai surut,” sebut Subiranto kepada Riau Bernas, Selasa (4/5/2021).

Dijelaskannya, warga saat ini memilih bertahan dirumahnya masing-masing dan belum ada yang mau diungsikan, karena sebagian warga memiliki ternak dan masih ada yang bisa dimanfaatkan dari pertaniannya.

Subiranto menjelaskan, bahwa akses jalan menuju persawahan Lipai yang dihuni sebanyak 36 KK saat ini kondisinya memprihatinkan, sebab kondisi berlumpur karena tergenang air. "Akses jalan kaki aja sulit, apalagi sepeda motor. Saat ini warga keluar dari dusun menggunakan sampan," jelas dia. 

Dirinya berharap, banjir secepatnya surut dan sesegera mungkin akan memperbaiki akses jalan itu, sehingga bisa digunakan masyarakat untuk beraktivitas kembali. (Adv/Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar