Zalik Minta, Setiap RT Buat Posko Covid-19 Setiap Hari Harus Ada Laporan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Camat Tualang Zalik Efendi meminta kepada seluruh Penghulu se Kecamatan Tualang agar dapat memerintahkan Rukun Tetangga (RT) untuk dapat membuat Posko penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di Kampung masing-masing. Hal itu dilakukan, agar bisa berkordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

"Pak penghulu harus membuat posko di masing-masing RT, yang penting ada Spanduk, dan diletakkan di setiap rumah agar bisa dihubungi nantinya," kata Zalik kepada Riau Bernas, Kamis (22/4/2021).

Selanjutnya, membuat grup WhatsApp disetiap RT, sekitar jam 3 wajib ada laporan masuk ke kami. "Ini wajib dilakukan, sebab angka penularan Covid-19 di Kota Industri saat ini mengalami peningkatan drastis," jelas camat. 

Tercatat, Kecamatan Tualang saat ini memiliki kasus tertinggi dari Kecamatan lain. Kecamatan Tualang Sudah mencapai 1162 kasus,1071 dinyatakan sembuh. Camat mengkuatirkan apabila kasus Kecamatan Tualang kembali melejit, sebab saat ini tempat isolasi sudah mulai penuh, baik di RSUD Siak, maupun Puskesmas. 

"Mudah-mudahan kerjasama pak penghulu dan RT maupun kita semua untuk mengingatkan patuhi Protokol Kesehatan dapat menurunkan kasus Covid-19 di Kecamatan Tualang, kalau perlu tidak ada lagi yang tertular, mohon kerjasamanya," imbuh camat. 

Perihal masyarakat yang tidak mau di Swap test atau isolasi mandiri. "Kita akan lakukan pendekatan persuasif, kalau perlu dipaksa, kita akan berkordinasi dengan Penghulu, Bhabinkabtimas, dan Babinsa untuk mengawal proses isolasi, Tracking ataupun Swap test.

"Nanti, kita perlu juga ketegasan, jika ada warga kontak erat dengan pasien positif Covid-19, Ia tidak mau di swap, nanti kita ambil tindakan sehingga dia mau di Swap atau ketegasan kita bersama terkait Isolasi Mandiri ini, kayak kejadian di Maredan Barat, masyarakat mau mempertanggung jawabkan bahwa warga yang diisolasi tersebut tidak mau keluar, itu bagus dalam kerjasamanya," tutup camat. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar