Sisir Lahan, Serma Syafri Ingatkan Masyarakat Jangan Membakar

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Buatan Dua Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serma Syafri bersama masyarakat menyisir hutan dan lahan masyarakat Kampung Buatan Dua Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.

Dalam penyisiran itu, Babinsa Buatan Dua mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar sampah, tangkos dan pelapah sawit yang kering. Hal itu berdampak besar, kepada ekosistem  hutan dan lahan. "Cuaca ekstrem sangat luar biasa hari ini, jangan pernah membakar hutan dan lahan," ingat Serma Syafri saat patroli bersama masyarakat, Sabtu (20/3/2020)

Serma Syafri juga mengingatkan kepada masyarakat terutama yang memiliki kebun sawit, jangan membakar. "Kita ingatkan kepada masyarakat terutama yang memiliki kebun sawit dan lahan lainnya, jangan membersihkan secara membakar, karena berdampak pada kesehatan dan merusak ekosistem hutan," tegas dia. 

Serma Syafri juga melaksanakan pengecekan parit dan embung Penampungan air. "Pengecekan itu dilakukan sebagai antisipasi dan cepat tanggap, apabila terjadi Karhutla, sehingga secepatnya di padamkan," jelasnya. 

Apabila terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan siap-siap di pidana. "Pidananya maksimal 10 tahun, jangan lakukan itu," tegasnya. (Van) 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar