Memanas, Hearing Terkait PT SSS Berujung Skors, Kadis DLH Inhu Keluar Ruangan

INHU, RIAUBERNAS.COM - Komisi III DPRD Inhu melakukan hearing dengan PT. Sanling Sawit Sejahtera (SSS) Inhu yang berada di Desa Rimpian, Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ) Inhu. Dalam hearing tersebut juga dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Inhu, Dinas Perhubungan, dan Camat Lubuk Batu Jaya (LBJ).

Namun setelah beberapa menit hearing berlangsung, tiba-tiba suasana rapat sedikit memanas, saat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Inhu Ir. Selamat menyampaikan beberapa hal terkait dugaan limbah PT. SSS dan Sampel yang diambil.

Yang membuat suasana memanas adalah saat Kadis DLH Ir. Selamat sempat emosi dalam penyampaian, karena rapat dinilai sudah tidak kondusif Karena berdasarkan surat undangan evaluasi pencemaran limbah perusahaan PT. SSS. Sempat terlontar perkataan dari Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Inhu bahwa dirinya diminta mengundurkan diri jadi kadis oleh pihak mahasiswa.

"Emang siapa mahasiswa itu menyuruh saya mengundurkan diri jadi kadis, saya nanti habis jabatan bulan april," ungkap Ir. Selamat dengan nada agak keras. 

Karena penyampaian Kadis DLH diluar substansi, Wakil Ketua Komisi III Yurizal, SH interupsi, meminta agar Kadis DLH menyampaikan yang sesuai substansi rapat saja.

"Bapak ceritakan saja kronologis Limbah, jangan bicara lain. Jangan sampai membahas masalah mahasiswa dan pihak media. Mau bapak apa?," kata Yurizal, SH dalam rapat.

Disitulah awal terjadi saling bantah dan bentak, sehingga pimpinan rapat, Elda Suhanura, SH, MH mengambil keputusan untuk menskors rapat bersama PT. SSS dan DLH Inhu.

"Rapat kita skors dan kita berikan waktu kepada kepala DLH untuk istirahat, selanjutnya akan dilakukan rapat bersama Camat dan Dishub. Jika utusan PT. SSS yang mengantar surat ingin mengikuti silahkan, jika tidakpun tidak apa-apa. Dan jika meninggalkan ruangan juga tidak apa," ungkap Elda Suhanura, SH,MH saat memimpin rapat, Senin (15/3/2021).

Dalam hearing tersebut dihadiri Pimpinan rapat Elda Suhanura, SH, MH dari partai Golkar, wakil ketua I DPRD Masrullah dari Fraksi PKB, Adeck Candra dari PKB, Yurizal dari Partai Berkarya, Hendrizal dari Nasdem, Suroto dari Partai Hanura, Suryan dari Partai PAN, dan H. Suwardi Ritonga wakil ketua II DPRD Inhu. Sedangkan dari pihak Dinas Perhubungan dihadiri Heru purwanto, Pihak PT. SSS Guntur dan diikuti oleh beberapa Kabid DLH, serta Camat LBJ Triyatno.

Selanjutnya rapat dengan pihak DLH, PT. SSS, dan pihak terkait lainnya, akan dijadwalkan kembali setelah rapat internal Komisi III. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar