Bupati Alfedri Resmikan Puskesmas Mengkapan Sungai Apit

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Bupati Siak Alfedri meresmikan Puskesmas Sungai Apit Kampung Mengkapan, Kamis, (18/2/2020) pagi. Puskesmas di bangun tahun 2020 itu, melalui anggaran dana alokasi khusus sebesar Rp 3,5 Milyar. Puskesmas ini proto tipe, fisiknya sama dengan Puskesmas di daerah lain di Indonesia.

Di resmikannya Puskesmas ini menambah jumlah Puskesmas yang ada di Kecamatan Sungai Apit menjadi 2 buah. Satu berada di ibu Kota Kecamatan dan satunya di Mengkapan.

Bupati Siak Alfedri saat meresmikan Puskesmas yang megah ini melihat raut wajah masyarakat warga Mengkapan penuh ceriah. Pasalnya, apa yang di harapkan selama ini telah terwujud. "Kami melihat wajah masyarakat kami tersenyum, karena apa yang di harapkan selama ini hari ini terwujud," ujar Alfedri.

Ia menceritakan, dulu masyarakat Mengkapan, Rawa Mekar, dan Teluk Lanus, jika sakit mau berobat ke Puskesmas yang letaknya di Sungai Apit harus menempuh perjalan yang jauh. "Sekarang bapak ibu tidak perlu risau, Puskesmas yang akan kita resmikan sesaat lagi, akan menjadi pusat pembangunan kesehatan masyarakat, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di sini," terangnya.

Puskesmas ini akan melayani rawat jalan bagi masyarakat di lima kampung di Kecamatan Sungai Apit, yaitu Kampung Mengkapan, Kampung Bunsur, Rawa Mekar, Sungai Rawa, dan Teluk Lanus.

"Bapak ibu tidak perlu jauh-jauh berobat, warga Teluk Lanus bisa berobat di sini. Setelah berporasinya puskesmas ini, tolong warga beri kritikan agar lembaga ini dapat berbenah," tutupnya.

Dirinya menyadari meski pelayanan kesehatan belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Namun Pemkab Siak dari tahun-tahun melakukan pembenahan ADM dan update alat kesehatan.

Penghujung acara, Bupati Siak Alfedri di damping Wakil Bupati Siak terpilih, menyerahkan kartu sehat kepada warga tidak mampu dan menyerahkan satu unit mobil ambulans yang di terima oleh Kepala Puskesmas Sungai Apit, dan dilanjutkan dengan peninjauan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Siak Raja Toni Candra menyampaikan, keberadaan Puskesmas ini diharapkan mampu membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka kemampuan untuk hidup sehat. Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan masyarakat di wilayah kerjanya.

"Alhamdulillah pembangunanya terlaksana dengan baik, kami ingin Puskesmas yang megah ini, mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik, dengan harapan derajat kesehatan dapat meningkat," ungkapnya.

Hadir pada peresmian itu, Wakil Bupati Siak terpilih, Husni Merza, Ketua DPRD Siak Fairus, anggota DPRD Siak Dapil Satu Kecamatan Sungai Apit Samsurizal, Zulfaini, Muslim, Selamat, Kepala Puskesmas se Kabupaten Siak, Kadis Kesehatan Kabupaten Siak Raja Toni Chandra beserta staf, tokoh masyarakat dan cerdik pandai yang ada di Kampung Mengkapan. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar