Penyebab Kebakaran Karena Arus Pendek, Kapolsek dan Manager PLN Perawang Ingatkan Ini

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Salah satu penyebab Kebakaran di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak adalah arus pendek. Hal itu diakui Kapolsek Tualang AKP Faizal Ramzani, SH, SIK, MH saat melakukan penyelidikan di rumah Nursyam, jalan Pertiwi Kampung Pinang Sebatang Timur beberapa hari lalu. 

"Kuat dugaan kebakaran yang terjadi dirumah Nursyam dan jalan Moh Ali itu dikarenakan konsleting listrik atau arus pendek," jelas Faizal.

Terkait musibah kebakaran tetsebut, Kapolsek Tualang AKP Faisal Ramzani, SH, SIK, MH mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan dapat mencegah terjadinya kebakaran dengan tidak menumpuk colokan listrik pada satu titik dan tidak membiarkan charger sambil tidur.

"Kita mengimbau masyarakat sebelum pergi liburan natal dan tahun baru mengecek kembali rumahnya, titik-titik yang berpotensi menyebabkan kebakaran. Karena selama ini kebakaran terjadi dominan karena arus pendek," pesan Kapolsek, Jum'at (25/12/2020).

Hal senada juga disampaikan Manager PLN Rayon Perawang Kecamatan Tualang, Buyung. "Ia menyarankan kepada masyarakat disaat memasang Instalasi listrik, harus orang kompeten atau ahlinya, setidaknya ia memiliki Sertifikat layak Operasi (SLO)," jelas Buyung saat ditemui di ruangannya.

Selain memasang instalasi listrik kepada ahlinya, Buyung juga menyarankan kepada masyarakat saat membuat terminal listrik atau stop kontak colok jangan ditumpukkan disatu titik, apabila stop kontak itu terlalu banyak Cok maka akan menimbulkan panas dan percikan api.

"Disaat tidur matikan semua Cok listrik, jangan sampai hidup karena itu salah satu penyebabnya, apalagi cas HP dan lain sebagainya," sebut Buyung. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar