Ditengah Pendemi Covid-19, KKN UNRI Kenalkan Aneka Olahan Jahe Ke Masyarakat Kampung Buantan Lestari

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Di tengah pandemi Covid-19, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) 2020 Kampung Buantan Lestari Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak, melaksanakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di kampung dan memperkenalkan aneka olahan jahe kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan bersama ibu-ibu PKK Kampung Buantan Lestari Kecamatan Bungaraya. Aneka olahan Jahe yang disosialisasikan ada wedang jahe, kemudian manisan jahe, dan serbuk jahe. Aneka olahan Jahe tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar metabolisme tubuh dan membantu mengurangi berat badan,” ujar Suryadi, selaku Wakil Ketua Kukerta UNRI 2020 Kampung Buantan Lestari, Minggu (09/08/2020).

Lebih lanjut Suryadi mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dihadiri Penghulu Kampung Buantan Lestari Sarno beserta perangkat, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Sulur, dan 15 orang ibu-ibu PKK yang menyempatkan hadir.

“Kegiatan dilakukan pada hari Selasa kemarin (29/07/2020) di Aula Kantor Kampung Buantan Lestari. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi ibu-ibu untuk memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. Dan penggunaan rempah-rempah asli Indonesia sebagai obat yang jauh lebih sehat di banding penggunaan obat herbal,” jelas Suryadi dengan penuh semangat.

“Kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatan wedang jahe, manisan jahe, dan serbuk jahe. Praktek Pembuatan dibantu langsung oleh ibu-ibu PKK yang sangat antusias sekali dalam mengolah jahe untuk dijadikan manisan jahe,” imbuhnya.

Sementara itu, Penghulu Kampung Buantan Lestari Sarno, melalui Kepala Dusun II Marpuin, mengucapkan terimakasih kepada adik-adik Kukerta dari UNRI yang telah mengajarkan serta mensosialisasikan manfaat sumberdaya alam yang ada di lingkungan masyarakat.

“Kami sebagai masyarakat tentunya mengucapkan terimakasih atas ilmu pengetahuan yang diberikan adik- adik Kukerta kepada kami untuk memanfaatkan sumberdaya alam, kususnya tanaman jahe. Ternyata tanaman jahe bisa diolah menjadi berbagai macam olahan untuk kesehatan, apa lagi disaat musim Corona saat ini,” ungkapnya.

Kepala Dusun yang juga sebagai penjual sate kambing Madura ini, mengaku salut atas kegiatan-kegiatan adik-adik Kukerta di tengah pandemi Covid-19, yang selalu mengutamakan protokol kesehatan Covid-19 tanpa putus asa.

“Mereka, walaupun di tengah pandemi Covid-19, masih tetap melaksanakan kegiatan walau hanya beberapa orang saja yang mengikutinya. Untuk itu kami berharap, adik-adik Kukerta jangan putus asa, terus lakukan kegiatan-kegiatan yang positif yang dapat bermanfaat buat masyarakat, dan semoga sukses selalu buat adik-adik Kukerta UNRI 2020 Kampung Buantan Lestari,” pungkasnya. (adv/Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar