Mahasiswa UNRI Relawan Desa Lawan Covid-19, Bantu Penyaluran BLT di Kampung Dayun

Tim Relawan Covid-19 Kampung Dayun saat setelah penyerahan BLT kepada masyarakat.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia dan Riau pada khususnya, Mahasiswa UNRI selaku Relawan Desa Lawan Covid-19 Universitas Riau, ikut serta dalam membantu kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kantor Penghulu Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, pada Selasa kemarin tanggal 26 Mei 2020. 

Mahasiswa UNRI yang tergabung dalam tim Relawan Desa Lawan Covid-19 Kampung Dayun tersebut beranggotakan empat orang mahasiswi, yaitu Yola Elliya Candra sebagai Ketua tim dari jurusan Sistem Informatika, Fauziah Nelfi Oktaveni dari jurusan Ilmu Hukum, Sakinah Rahma Wardani dari jurusan Arsitektur, dan Irna Yani dari jurusan Hubungan Internasional.

Ketua Tim Relawan Desa Lawan Covid-19 Kampung Dayun, Yola Elliya Candra menjelaskan, sebelum dana BLT ini disalurkan, semua anggota tim Relawan Desa Covid-19 Kampung Dayun mempersiapkan tempat untuk antrian masyarakat yang mendapatkan BLT sesuai dengan urutan nomor RT nya masing-masing. 

"Kemudian Tim Relawan Covid-19 Kampung Dayun juga mempersiapkan ruangan di Kantor Penghulu Kampung Dayun yang dijadikan sebagai tempat penyaluran dana yang langsung diberikan oleh tim dari PT. Pos Indonesia," jelas Yola. 

Hal itu, lanjutnya, dilakukan karena di masa pandemi Covid-19 ini, perlu diatur jarak kursi dan jumlah kursi yang ada dalam ruangan. Kemudian, jumlah warga yang diperbolehkan masuk ke dalam ruangan juga dibatasi.

Yola juga menjelaskan, dalam penyaluran dana BLT, Tim Relawan Covid-19 Kampung Dayun membantu proses registrasi, menyesuaikan data masyarakat yang menerima BLT dan pemberian nomor urut. Kemudian warga yang mendapatkan BLT diwajibkan memakai masker dan diberikan penjelasan untuk menunggu antrean pengambilan dana BLT.

“Dalam pelaksanaan tugas sebagai relawan, kami berupaya untuk dapat membantu masyarakat dalam proses pengambilan dana BLT tanpa hambatan. Karena kami sadar bahwa Covid-19 berdampak bagi sebagian besar kehidupan masyarakat Kampung Dayun," jelas Yola Elliya Candra. 

Ditambahkan Yola, kegiatan penyaluran BLT di Kampung Dayun berjalan dengan lancar sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. "Dan untuk masyarakat penerima BLT yang tidak dapat hadir akan dikunjungi langsung oleh tim PT. Pos Indonesia, yang didampingi oleh tim perangkat Desa kerumahnya masing-masing," pungkas Yola Elliya Candra. (***)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar