Cegah Penyebaran Covid-19, Pemda Siak Siapkan 9 Pos Pantau

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna memastikan penyebaran Covid-19 tidak terjadi di Kabupaten Siak, Pemerintah Kabupaten Siak juga telah menyiapkan 9 pos pantau disetiap pintu akses masuk kedalam dan keluar Kabupaten Siak, yang akan dijaga oleh personil TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, serta tenaga medis.

Adapun Pos pantau yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Siak sebagai berikut: 

1. Pos Bukit Agung (3 Polri, 2 Dishub, dan 1 medis).
2. Pos Kerinci Kanan (4 Polri, 2 Dishub, 2 TNI dan 2 medis).
3. Pos PT. SIR (3 Polri, 2 Dishub, dan 1 medis).
4. Pos Kampung Tengah Maredan (4 Polri, 2 Dishub, 2 TNI, dan 2 medis).
5. Pos Simpang Perawang Minas (4 Polri, 2 Dishub, 2 TNI, dan 2 medis).
6. Pos Simpang Belutu (3 Polri, 2 Dishub, dan 1 medis).
7. Pos Libo Jaya (3 Polri, 2 Dishub, dan 1 medis).
8. Pos KTL Jembatan Siak (4 Polri, 2 TNI, 2 Dishub, dan 2 medis).
9. Pos Sabah Auh (4 Polri, 2 TNI, 2 Dishub, dan 2 medis).

"Untuk setiap orang yang akan masuk dan keluar dari wilayah Kabupaten Siak, akan kami cek suhu tubuhnya, jika suhu tubuh berada diatas 80 Derajat Celcius akan langsung dilaksanakan rapid test ditempat, dan jika memang terdapat gejala, akan segera dilakukan isolasi dan akan ditetapkan sebagai  PDP," kata Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si di Siak, Jum'at (15/5/2020).

Dijelaskan Alfedri, bahwa dirinya sudah melaporkan kepada Gubri Syamsuar, bahwa mulai hari Jum'at ini, Pemkab Siak mulai mendistribusikan bantuan sembako kepada 16.850 Kepala Keluarga melalui kerjasama dengan pihak Bulog.

"Insya Allah, mulai besok pendistribusian sembako akan mulai dilaksanakan untuk Kecamatan Sungai Apit dan Pusako, serta akan dilanjutkan seluruh kecamatan hingga H-2 Idul fitri," sebut Alfedri.

Selain pendistribusian sembako, kata Alfedri, juga telah dilaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, dengan jumlah sasaran sebanyak 11.785 Kepala Keluarga di beberapa Kecamatan,  diantaranya Kecamatan Dayun, Lubuk Dalam, dan kecamatan lainnya.

"Untuk BLT Kemensos dengan jumlah sasaran 16.650 Kepala Keluarga, juga telah mulai didistribusikan pada Hari Jum'at di Kecamatan Lubuk Dalam, dan dilanjutkan pada Hari Sabtu di Kecamatan Koto Gasib, serta pada Hari Senin di Kecamatan Mempura, disesuaikan dengan kemampuan petugas PT Pos, karena pengambilan BLT Kemensos dibantu oleh PT. Pos," terangnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan, bahwa Penetapan pelaksanaan PSBB tersebut mengacu pada Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/308/2020, tentang penetapan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, dan kota Dumai, Provinsi Riau, terkait percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid -19).

"Penetapan PSBB di 5 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau ini selain Kota Pekanbaru ini, merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Provinsi Riau, apalagi sudah banyak Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau yang sudah masuk kedalam zona merah," kata Syamsuar. 

Syamsuar juga mengatakan, bahwa hari ini jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau bertambah menjadi 6 orang, dan berasal dari Claster Pondok pesantren di Magetan. 
"Jadi saya mohon informasinya kepada Bupati/Walikota dan seluruh Kepala Desa se-Provinsi Riau, agar segera mendata jika ada anak-anak yang baru pulang dari pesantren di Magetan," pintanya.

Dalam arahannya, Gubernur Riau juga memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Siak, untuk memperketat penjagaan di perbatasan antara Siak Kecik dan Kecamatan Sabak Auh, karena berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Bengkalis. 

Selain itu, Syamsuar juga mengingatkan agar pelabuhan Mengkapan atau Buton diperketat pengawasannya, mengingat pelabuhan tersebut merupakan salah satu pintu masuk dari Kabupaten Bengkalis dan Negeri Jiran Malaysia. 

"Jika akses pintu masuk dari daerah lain tidak diperketat, takutnya orang luar yang akan membawa wabah Covid-19 ke daerah kita," kata Syamsuar. (Adv/Van)  


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar