Masuki MEA, Kualitas SDM RI Peringkat 5 di ASEAN

Jakarta - Ajang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA tinggal menghitung hari. Namun, Indonesia dianggap belum siap menghadapi MEA dari sisi kualitas sumber daya manusia (SDM). Bahkan, di antara negara ASEAN, kualitas (SDM) dan ketenagakerjaan Indonesia masih berada di peringkat bawah.

"Kualitas SDM dan ketenagakerjaan Indonesia menempati peringkat 5. Ini masih kalah jika dibandingkan Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand," ujar peneliti dari Lembaga Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Kamar Dagang dan Industri (LP3E Kadin) Indonesia, Suharyadi, dalam jumpa pers di Menara Kadin, Rabu (30/12/2015).

Dia menambahkan, Indonesia memasuki MEA dalam kondisi yang kurang ideal dari sisi SDM. Sayangnya, selama 2015 ini tidak ada yang dilakukan pemerintah dalam menyiapkan SDM menghadapi MEA. Bahkan, pembuatan roadmap untuk menghadapi MEA itu baru dibuat seminggu atau dua minggu yang lalu oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Jadi praktis selama 2015 tidak ada program yang dilakukan pemerintah dalam menyiapkan SDM menghadapi MEA," kata Suharyadi. (***)

 

Sumber: detik.com


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar