Tinjau Karhutla di Pelalawan, Ini Pesan Kapolri

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Kapolri Jendral Polisi Prof. H.M Tito Karnavian, Ph D dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjanjanto, SIP bersama sejumlah pejabat melakukan peninjaun kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, Minggu (15/09/2019).

Kapolri, Panglima TNI dan rombongan yang tiba di Kerumutan dengan mengunakan 2 Heli Super Puma TNI AU, disambut oleh Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan Sik, kemudian menuju titik pemadaman api dengan menempuh jalur darat.

Kapolri menyampaikan, hasil pengamatan dari udara yang sudah menjadi perkebunan baik sawit maupun hutan tanaman industri, sementara yang terbakar rata-rata hutan atau semak belukar, artinya ini sengaja di bakar bukan natural, sengaja dibuat oleh pelaku untuk land clearing dengan harga murah.

Langkah yang perlu dilakukan, lanjut Kapolri, adalah soft dan keras, saya minta jajaran Polda akan saya berlakukan reward and punishment, supaya serius mendeteksi siapa saja yang melakukan pembakaran itu, kalau saya berkeyakinan kelompok orangnya itu -itu saja, masak kita gak bisa deteksi?.

"Sama saja kita cari maling, kita cari teroris kita bisa, masak kita cari pembakar tidak bisa?. Ini kan bukan daerah yang padat penduduk seperti di Jawa, penduduknya relatif jarang, artinya komunitas itu saling kenal satu sama lain. Nah, ini harusnya bisa dideteksi, lakukan pendekatan kepada mereka atau petugas pro aktif melakukan penangkapan. Kalau ada pembakaran tetapi tidak bisa tangkap bagi saya itu kegagalan operasi penegakan hukum, dan pasti akan saya berikan sanksi", tegas Kapolri.

Sementara, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjanjanto mengatakan, kendala yang dihadapi dilapangan saat ini adalah sulitnya mencari sumber air untuk melakukan pemadaman, sehingga cara yang efektif adalah dengan water boombing.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini segera turun hujan, sehingga permasalahan kebakaran ini segera selesai", harapnya.

Pada kesempatan tersebut, sebelum meninggalkan lokasi, Panglima TNI dan Kapolri sempat memberikan dukungan semangat motivasi kepada anggota yang bertugas dilapangan. Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas kerja keras seluruh anggota TNI - Polri yang sampai saat ini masih melakukan pemadaman. (sam)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar