Peningkatan Ekonomi Desa, Tim Pengabdian UNRI Ajarkan Hidroponik Ke PKK Desa Betung

Mahasiswa UNRI melakukan pengabdian dengan mengajarkan hidroponik ke PKK Desa Betung

PELALAWAN, RIAUBERNAS. COM - Tim Pengabdian Universitas Riau menggelar Workshop Hidroponik di halaman depan Kantor Desa Betung, Desa Betung Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Senin lalu (5/8). Kegiatan ini merupakan solusi dari menipisnya lahan pertanian masyarakat.

Pemateri workshop,  Muhammad Irfan, mengharapkan dari sosialisasi hidroponik yang diikuti oleh masyarakat Desa Betung ini mampu memberikan ilmu dan manfaat dalam bertani tanaman sayuran. 

”Masyarakat diharapkan mampu menerapkan pertanian hidroponik mengingat lahan yang semakin menipis khususnya bertani sayuran," katanya. 

Dia mengatakan bahwa dalam sosialisasi itu masyarakat diajarkan cara penyemaian hingga pemanenan hidroponik tanaman sayuran. Hidroponik tanaman sayuran adalah salah satu cara untuk menghadapi semakin menipisnya lahan pertanian masyarakat. 

Sebelum seminar diadakan, mahasiswa kukerta ini telah membuat contoh tanaman hidroponik. Ada dua jenis bibit yang ditanam yakni pakcoy dan bayam merah.

Sementara itu,  Ketua RT 02, Lidiyawati menyatakan antusiasnya atas kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa ini. Menurutnya,  kegiatan ini jelas akan dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi ibu-ibu dan warga setempat. Kegiatan ini juga mendapat sambutan hangat dari Ketua PKK Desa Betung.

Hal sama dirasakan juga oleh warga Desa Betung yang rata-rata sangat senang mengikuti kegiatan pelatihan dan panen sayuran hidroponik ini. Mereka berharap  ilmu yang disampaikan para mahasiswa Unri ini dapat diserap dan diterapkan oleh masyarakat Desa Betung. (ndy)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar