Buka Bumi Perkemahan, Surya Arfan: Nilai-Nilai Kebangsaan Mulai Rapuh

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM -  Peringati Hari Gerakan Pramuka ke-58 tahun di Rokan Hilir dibuka oleh Drs.H. Surya Arfan selaku pimpinan upacara Bumi perkemahan (Bumper), Senin (19/8/2019) di Lenggadai Hilir Rimba Melintang.

Amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purna) Drs. Budi Waseso yang disampaikan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0410 Rokan Hilir Drs.H. Surya Arfan menegaskan, pemerintah telah menunjukan komitmen untuk membesarkan pramuka, salah satunya wadah untuk membina generasi muda untuk memahami nilai-nilai kebangsaan.

Drs Surya arfan mengatakan, pidato Rakornas Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Nasional Komjen Pol Budi waseso, kental mengajak menjaga persatuan dan kesatuan bangsa karena nilai-nilai kebangsaan sudah mulai rapuh.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Rohil mengatakan, saat moment Kemerdekaan RI masih banyak masyarakat yang tidak memasang bendera. Padahal para pahlawan dalam merebut kemerdekaan sampai berdarah-darah, dan berkorban nyawa, jiwa dan raga, kenapa pasang bendera saja masyarakat masih berat.

Dengan demikian, lanjutnya, diperlukan kesadaran dan semangat guna mengetuk hati anak bangsa indonesia, karena dalam menoreh kemerdekaan tersebut bukan dengan hadiah uang, harta dan benda, melainkan dengan semangat patriot serta nilai-nilai kebangsaan yang spontanitas.

Selain itu, kata Surya Arfan, lingkungan ekstrem akibat lingkungan yang tidak terjaga, diharapkan, dengan jati diri pramuka bisa menjaga lingkungan.  

"Alhamduiliah, berkat setiap tahunnya ada penanaman pohon yang dilakukan pemerintah dan forkompinda, Bumper Datuk Comel menjadi lingkungan baik dengan ditumbuhi pohon yang menghijau", imbuhnya.

Turur hadir pada acara tersebut, Dandim 0321 Letkol Inf Didik Efendi, Kajari Gaos Wicaksono, Kapolres diwakili Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, dan jajaran Kwartir Cabang Gerakan pramuka 0410 Rokan Hilir dan undangan lainnya. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar