Mahasiswa KKN UNRI Gelar Sosialisasi Budidaya Tanaman Secara Hidroponik

Lahan Sempit Hidroponik Miliki Nilai Jual

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhsan air pada budidaya dengan tanah.

Mahasisiwa KKN Tematik Revolusi Mental Universitas Riau bersama pemerintah Kampung Pinang Sebatang, menggelar sosialisasi Budidaya Tanaman Secara Hidroponik demi mewujudkan Gerakan Indonesia Mandiri, Jum'at (16/08/19) yang berlangsung di aula Kantor Kampung Pinang Sebatang.
 
Kegiatan ini disosialisasikan langsung oleh mahasiswa dan dosen Pendidikan Biologi, yaitu ibu Dr. Yustina, M.Si. Sosialisasi ini dihadiri oleh Penghulu Kampung Pinang Sebatang yang diwakili oleh Bapak Manaf, Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua RW se-Kampung Pinang Sebatang, tokoh masyarakat, dan warga Kampung Pinang Sebatang, serta tim KKN PPM Kampung Pinang Sebatang Universitas Muhammadiyah Riau yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga.

Sarwan, selaku Koordinator Desa Tim KKN Tematik RM Universitas Riau Kampung Pinang Sebatang mengatakan, “saat pertama kali di kampung ini, petani disini mayoritas bertani sawit dan lahan di sekitar rumah warga itu sempit, sehingga mendorong kami untuk melakukan sosialisasi mengenai hidroponik, karena budidaya tanaman secara hidroponik ini dapat dilakukan di lahan sempit dan hasilnya pun dapat bernilai jual”, ujar Sarwan.
 
Kegiatan ini juga disimulasikan langsung oleh Didik Nopriansyah selaku Menteri Ekonomi Kreatif BEM UNRI. Simulasi ini langsung dipraktekkan oleh peserta sesuai dengan arahan Didik, dan diikuti semua peserta yang hadir di aula Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang. (Van)
 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar