Pola KKPA PT. Musim Mas, Berhasil Angkat Perekonomian Masyarakat

Ketua Koperasi Merbau Sakti, H. Amir Syaripuddin, SE

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Keberadaan sebuah perusahaan di suatu daerah harus memberikan dampak yang nyata pada masyarakat, khususnya masyarakat tempatan. Ini memang seperti hukum alam,  harus ada imbal balik yang nyata dari keberadaan perusahaan itu sendiri.  Diibaratkan dua sisi mata uang,  begitu analogi hubungan yang pantas disematkan antara perusahaan dan masyarakat agar tercipta hubungan simbiosis mutualisme satu sama lain. 

Di sinilah peran PT Musim Mas (MM) memberikan kontribusi yang nyata pada karyawan dan masyarakat sekitarnya.  Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang sektor perkebunan dan pengolahan kelapa sawit yang telah beroperasi sejak puluhan tahun lalu, meski belum sempurna namun PT.  MM tak henti-hentinya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan berbagai program yang ditaja oleh perusahaan. 

Diantaranya pembangunan kebun masyarakat dengan pola KKPA, pembangunan kebun kas desa, pembangunan Islamic Center Pangkalan Lesung, dan bantuan-bantuan kegiatan lainnya yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Misalnya saja saat ini masyarakat sudah merasakan peningkatan ekonomi pola KKPA yang telah mencapai sekitar 1.073 KK dengan luas 2.014, 06 Ha. Lahan pola KKPA itu tersebar di Desa Tanjung Beringin, Desa Talau, Desa Betung, Desa Batang Kulim, Kelurahan Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras, Desa Pesaguan,  Kelurahan Pangkalan Lesung Kecamatan Pangkalan Lesung.

Tak hanya itu,  PT. Musim Mas juga telah melakukan pembangunan Kebun Kas Desa untuk Desa Tanjung Beringin, Desa Batang Kulim, Desa Betung, Kelurahan Pangkalan Lesung masing-masing 5 Ha serta Kebun Kas Desa Talau baru realisasi 1 Ha (masih dalam pencarian lahan untuk tambahan kebun kas desa). Sampai saat ini,  masyarakat begitu merasakan dengan dibangunnya kebun Pola KKPA oleh PT. Musim Mas. 

Ini bisa diukur dari tingkat pendapatan bersih masyarakat yang kini mencapai rata-rata 8 juta/bulan. Karena begitu tingginya pendapatan masyarakat dari pola KKPA PT. Musim Mas, saat ini banyak masyarakat/Desa mengajukan untuk penambahan pembangunan kebun pola KKPA ke PT.  Musim Mas termasuk diantaranya Desa Tanjung Beringin.

Ketua Koperasi Merbau Sakti, H. Amir Syaripuddin, SE, membenarkan bahwa PT. Musim Mas membangun kebun masyarakat dengan pola KKPA. Dan saat ini juga tengah ada pembangunan di Desa Betung dan desa-desa lain juga sedang diajukan ke PT. Musim Mas termasuk Desa Tanjung Beringin.

"PT. Musim Mas sudah membangun kebun masyarakat dengan Pola KKPA dan itu tersebar di beberapa desa. Terus terang saja,  masyarakat sangat terbantu dengan adanya KKPA ini, karena dengan program KKPA ini masyarakat mendapatkan penghasilan rata-rata 8 juta/bulan. Apalagi saat ini juga perusahaan sedang melakukan pembangunan KKPA di  Desa Betung. Mudah-mudahan di desa lain juga segera menyusul," terang Ketua Koperasi Merbau Sakti, H. Amir  Syaripuddin, SE,  saat dikonfirmasi di sela-sela kesibukannya meninjau pembangunan KKPA di Desa Betung.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Koperasi Rawa Tengkuluk, H. Bustami. Menurutnya,  pembangunan KKPA sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ya sangat bermanfaat dengan adanya KKPA yang dibangun oleh PT. Musim Mas, ekonomi masyarakat semakin meningkat. Kita berharap pola KKPA ini terus dijalankan oleh PT. Musim Mas," ujarnya. 

Dikatakannya,  bahwa saat ini saja  pendapatan desa dari kebun Kas desa mencapai 10-15 juta/bulan bahkan bisa mencapai 30 juta ketika musim panen puncak kelapa sawit. 

"Jelas ini dapat menambah biaya operasional yang dibutuhkan masing-masing desa," tukasnya.  (ndy) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar