Pembangunan Mesjid Cheng Ho di Rohil Akan Didukung Penuh Pemkab

Bupati Rohil, Suyatno

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Dengan dana sebesar Rp 7 Milyar, direncanakan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang menetap di Jakarta akan membangun Mesjid Cheng Ho  di areal Pusat Jajanan serba ada (Pujasera), Jalan Pulau Baru, Bagansiapiapi. Masjid dengan ukuran 30x30 meter dengan tinggi menara 25 Meter itu peletakan batu pertamanya akan dilaksanakan sebelum perayaan iven nasional Ritual Bakar Tongkang (RBT) tahun ini. 

Menanggapi hal ini, Bupati Rohil H.Suyatno menyatakan apresiasinya atas rencana. Dirinya mengharapkan rencana ini bisa terealisasi karena hal ini akan menjadi ikon daerah.

"Apalagi nama Muhammad Cheng Ho merupakan tokoh Islam dari Tiongkok yang ada beberapa tahun silam," katanya.

Dia mengatakan bahwa Pemkab Rohil mendukung penuh terkait pembangunan rumah ibadah itu. Bahkan jika anggaran sebesar Rp7 miliar yang disediakan pengusaha itu kurang, pemerintah akan menganggarkannya lagi di APBD. Yang paling penting pembangunannya bagus dan berjalan lancar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati juga memerintahkan Konsultan Perencana segera membuat Rincian Anggaran Biaya (RAB). "Pada proses pengerjaan, diminta yang mengerjakan orang-orang yang profesional sehingga hasilnya bagus. Kalau perlu tukang dari luar," pintanya.

Peletakan batu pertama dijadwalkan dua hari sebelum Iven Bakar Tongkang. "Selain itu, nantinya akan ada potong kerbau tanda pembangunan dimulai," ujarnya sembari mengatakan kalau masjid itu nantinya akan menjadi Ikon terbaru Kabupaten Rokan Hilir.
Berdirinya bangunan masjid, Cheng Ho memang cocok berada diBagansiapiapi, namun demikian, sambungnya tentu akan menyiapkan lokasi lahan terlebih dahulu. (syofyan)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar