Tim Inver PTKH Provinsi Riau Sosialisasi di Siak

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Tim inventarisasi dan verifikasi Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PTKH) Provinsi Riau, mensosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 88 Tahun 2017 Tentang Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan kepada jajaran dinas terkait dilingkungan Pemkab Siak, serta para camat dan lurah se-Kabupaten Siak, Senin pagi (25/2/19).

Sejumlah persoalan pokok dipaparkan para narasumber dalam kegiatan itu, diantaranya maksud dan tujuan serta ruang lingkup pelaksanaan kegiatan PPTKH.

“Saya berharap, seluruh Tim Inver PTKH dan peserta rapat sosialisasi terutama para penghulu dan para Camat nantinya dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh kegiatan sosialisasi ini”, pesan Sekretaris Daerah H.T.S Hamzah, saat membuka kegiatan sosialisasi, di Hotel Grand Mempura Siak Sri Indrapura.

Hamzah juga meminta jajaran OPD dan Camat serta penghulu terkait, dapat memahami kriteria tanah yang bisa diajukan PPTKH, serta tata cara pengajuan permohonan pendaftaran PPTKH.

“Setelah sosialisasi ini, peserta kegiatan diharapkan dapat memahami tata cara pemasangan tanda batas bidang tanah dan pembuatan sketsa bidang tanah, hingga tata cara pengisian formulir permohonan”, harapnya.

Menurut mantan Kadis DPPKAD Kabupaten Siak itu, sumber Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) yang harus segera diselesaikan melalui Perpres Nomor 88 Tahun 2017, adalah berdasarkan Keputusan Menteri LHK Nomor: SK.3154/Menlhk-PKTL/KUH/PLA.2/5/2018 tentang Peta Indikatif Alokasi Kawasan Hutan, untuk Penyediaan Sumber TORA Revisi II.

“Dimana dalam surat keputusan tersebut, telah ditetapkan alokasi penyediaan sumber TORA di Kabupaten Siak seluas ± 2.620,73 Ha”, jelas Hamzah.

Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan dalam upaya mendukung pelaksanaan Inventarisasi dan verifikasi PTKH ditingkat nasional. Dimana Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Tim Percepatan PPTKH telah menerbitkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tanggal 30 April 2018, sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas Tim Inver PTKH.

“Pedoman tersebutlah yang menjadi dasar bagi Tim Inver PTKH Provinsi Riau untuk melaksanakan sosialisasi di Kabupaten Siak yang kita laksanakan pada hari ini”, kata Hamzah. (Rls/Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar