Pertamina EP Agresif Cepatkan Pemboran 2019 Sopa DZ-2

PALEMBANG, RIAUBERNAS.COM - Pertamina EP, sebagai anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu migas sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas, selalu menunjukkan komitmen dalam terus menjaga angka kenaikan produksi yang sekaligus menjaga ketahanan energi nasional, salah satunya dengan dimulainya  tajak sumur Sopa DZ-2 di wilayah Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field.

Sosialisasi dan syukuran tajak sumur Sopa DZ -2, di desa Bumi Makmur kecamatan Muara lakitan Kabupaten Musi Rawas Sumatra Selatan, Sabtu,(29/12/2018), langsung dihadiri oleh Operation And Production Director PT Pertamina EP Chalid Said Salim beserta jajaran dari Manajemen Pertamina EP. Hadir juga mewakili pemerintah Kabupaten Musi Rawas Kepala Dinas Perhubungan Adi Winata beserta jajaran pemerintah setempat.

Pada sambutannya, Chalid Said Salim mengatakan, tajak sumur Sopa DZ-02 merupakan strategi Pertamina EP sebagai langkah awal untuk memepercepat pencapaian  target produksi di tahun 2019.

"Kami komitmen pada rencana kerja 2019 yang akan dimulai di awal tahun, sebagai salah satu upaya mendukung ketahanan energi nasional" ujar Chalid.

Chalid juga mengatakan, kegiatan tajak sumur Sopa DZ-02  sebenarnya masuk ke dalam program 2019, namun Pertamina EP mempercepat pelaksanaan tajak pada akhir 2018. Manajemen Pertamina EP memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Pemerintah Kabupaten Musi Rawas yang memberikan dukungan besar atas kesuksesan dan kelancaran kegiatan tajak sumur .

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dan juga stakeholder  yang mendukung kegiatan tajak sumur terlaksana dengan baik” jelas Chalid

Chalid juga  menambahkan kegiatan tajak sumur Sopa DZ-2 ditargetkan pada kedalaman 2300 meter dengan pengerjaan sekitar 44 hari kerja bekerja sama dengan PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) yang juga anak usaha PT Pertamina (Persero).

Asset 2 General Manager Astri Pujianto  menambahkan kegiatan sumur Sopa DZ-2 diharapkan dapat memproduksikan minyak sekitar 200-250 barel per hari (BPH) sehingga meningkatkan produksi minyak dari Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field. Saat ini produksi minyak Pendopo Field sekitar 3.000 BPH yang Terdiri dari 6 struktur diantaranya lapangan Jirak, Pendopo, Musi barat, Musi Timur, Benuang,dan Sopa. Pada sektor gas Pendopo Field memproduksikan 260 MMSCFD, atau sekitar 107 % dari target.

"Tentunya keberhasilan sumur ini nantinya juga dapat memberikan  kontribusi ke APBD Pemda Musi Rawas" kata Astri.

Adi Winata sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas mengungkapkan dukungannya terhadap kegiatan operasional Pertamina EP, "kami mengharapkan agar dengan adanya pemboran ini dapat meningkatkan kontribusi perusahaan melalui pendapatan asli daerah maupun kegiatan Corporate Social Resposibility", terangnya.

Pertamina EP pada kegiatan syukuran tajak sumur Sopa DZ-2  menyerahkan santunan kepada anak yatim dan juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar. (sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar