Polair Polda Riau Sosialisasikan Program Quick Wins Kepada Nelayan Rokan Hilir

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Satuan Polisi Air (Polair) Polda Riau, sosialisasikan Program Quick wins kepada para nelayan di Rokan Hilir.

Dimana kegiatan ini memberikan pemahaman agar masyarakat tidak tergiring isu pemahaman redikalisme, serta mengantisipasi terjadinya komplik diperairan yang berdekatan dengan perbatasan, seperti perbatasan Selat Melaka dan Sumatera Utara (Sumut).

Hal tersebut disampaikan oleh Kasat Dit Air Polda Riau, AKBP Julian Iskandar, SH.MH yang didampingi Kasatpol Air Polres Rohil, IPTU Sapto Hartoyo di markas PolAir, pada Rabu (12/12/2018 di Pelabuhan Baru Bagansiapiapi.

Menurut Julian, program Quick Wins ini untuk penegakan hukum bagi organisasi yang redikalisme dan anti Pancasila, guna terwujudnya pemilu 2019 yang aman, kondusif, serta terciptanya suasana damai dan sejuk.

Dikatakan Julian, Kegiatan ini tidak ada kaitannya dengan pemilu tahun 2019, karena sejak beberapa tahun terakhir, giat ini setiap bulan rutin dilaksanakan seperti diwilayah pesisir.

Julian Iskandar menegaskan kepada nelayan untuk tidak berpikir dan memaksakan kehendak, karena sipat tersebut dapat memicu timbulnya konplik yang dapat memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Bahwa pemicu konlik tersebut berkaitan masalah rasa, apabila masalah rasa dapat terkendali maka tidak akan timbulnya pemicu konplik", tegas Julian Iskandar.

Sosialisasi Quick wins ini, lanjutnya, dilaksanakan dan dipilih berdasar tingkat kerawanan terjadi nya konplik, khususnya perairan di perbatasan untuk Riau, khususnya yang berada di pesisir, seperti  Inhil, Pelalawan, Siak, termasuk Rohil berada diwilayah Bangko, Sinaboi dan Palika termasuk juga Pulau Halang.

Tambah Julian, Salah satu contoh daerah kerap terjadi konplik daerah diperairan para nelayan,  sebagaimana diketahui banyak nelayan memakai alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan, sampai- sampai kelambu pun dijadikan sasaran sebagai alat tangkap ikan.

"Program Quick Wins ini, memberikan pemahaman agar para nelayan kedepan tidak lagi terjadi konplik seperti didaerah titik, dimana lokasi aktivitas para nelayan tersebut",tegas Julian mengakhiri.

Disamping kegiatan program Quick wins, juga dilakukan penyerahan Bendera merah putih, Baju pelampung, lambang negara, kotak saran, dan sembako untuk 40 nelayan di Bagansiapiapi. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar