Empat Anak Terjangkit DBD, Dua Diantaranya di Rujuk Ke Eka Hospital

Poto ilustrasi.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sebanyak 4 orang anak, warga RT 02/RK 08 Perawang Barat, Kecamatan Tualang, terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak seminggu belakangan ini.

Keempat anak ini, yaitu Rafi, Karolin sudah berangsur membaik dan dipulangkan kerumah, Sementara, Kakak beradik Kalisa dan Bagas dirujuk kerumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru sejak kemarin.

Menurut pengakuan RT 02/RK 08 Perawang Barat, Ponisman, membenarkan ada warganya yang terjangkit DBD sebanyak 4 orang anak.

"Benar, ada 4 anak yang terjangkit, sedangkan 2 sudah pulang, dan 2 orang lagi masih dirawat di Pekanbaru", sebut Ponisman kepada Riaubernas.com, Rabu (31/20/2018) di Tualang.

Terkait persoalan warganya terjangkit DBD ini, lanjutnya, kejadiannya sudah dilaporkan ke Puskesmas Perawang untuk ditindak lanjuti.

"Dua orang petugas Puskesmas sudah turun tadi, Besok Kamis (1/11/2018) Puskesmas Perawang akan melakukan tindakan yaitu Foging. Dengan tujuan untuk memusnahkan jentik-jentik nyamuk yang menyebabkan DBD itu", imbuhnya.

Menanggapi persoalan tersebut, Kepala Puskesmas Perawang, Drg. Nedra membenarkan, ada warga yang terjangkit DBD, dan petugas sudah turun kelokasi.

Terkait hasil tersebut, "Kita melihat genangan air dimana-mana, dan menimbulkan jentik-jentik nyamuk disitu. Besok Kamis akan difoging", ujarnya.

Drg. Nedra meminta kepada lingkungan masyarakat, terutama di RT 02 dan RK 08 Perawang Barat, Kecamatan Tualang, agar dapat menjaga kebersihan dengan gotong-royong.

"Coba terapkan 3 M (menutup,menguras, mengubur) dilingkungan masyarakat, cara ini terbilang ampuh untuk mencegah terjadinya DBD. Ia berharap peran kepala desa maupun RT, untuk selalu giat menjaga kebersihan kampung dengan cara bergotong-royong", harapnya. (Van)

 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar