Rohil Bersenandung, Konsep Panggung Seniman Internasional

Sanggar seni dari negeri Jiran Malaysia mendapatkan Souviner miniatur kantor Bupati Rohil.

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Ketua Dewan Kesenian Daerah Rokan Hilir, Hj.Suryati menyebutkan, bahwa penampilan komunitas seniman dan budaya daerah kita tampil dipanggung memang agak lumayan sudah bagus, mulai dari pertama tampil hingga puncaknya, Jum'at (05/10/2018) di Bagansiapiapi.

Diakui Suryati, penampilan seniman dari luar daerah lebih bagus, dibanding tampilan seniman daerah kita, namun ini merupakan suatu motivasi buat kita khususnya seniman daerah, agar kedepan bisa tampil lebih memukau.

"Jika dibandingkan dari kabupaten lain dan luar negara, mereka lebih bagus. Ini merupakan suatu motivasi Dewan Kesenian Daerah, bagaimana seniman daerah kita dapat tampil lebih memukau lagi", kata Suryati.

Suryati mengatakan, melihat saji-sajian yang diselengarakan, memang lebih bagus yang kita miliki, mereka yang datang kesini semuanya memang Basic pendidikan seniman tarik suara, sedangkan seniman kita hanya berpedoman dari kehidupan sehari-hari.

Mereka yang datang kesini mengakui tertarik dengan tahapan promosi kita. Walaupun untuk itu kita harus korban dulu, baik industri ekonomi dan industri pariwisata, agar daerah bisa dikenal dikalangan masyarakat luar maupun mancanegara.

"Banyak yang harus kita pelajari dari mereka, baik tampilan mereka tampak lebih baik lagi, kedepan agar seni kita lebih berkreasi lagi. Yang jelas, konsep yang kita tampilkan tersebut merupakan konsep internasional", kata Politisi PAN ini.

Suryati menambahkan, seniman kita hanya bisa dandutan dan musik rabana, bagaimana kita bisa meningkat, hingga seniman daerah ini lebih dikenal sampai kemancanegara.

"DKD itu adalah wadah, kalau tidak punya anggaran kita harus korban dulu untuk ikut. Selagi kita mampu melayani pada saat anggaran tidak dibantu oleh pemerintah daerah", terang Suryati. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar