Karhutla Ludeskan 20 Ha Lahan di Teluk Meranti

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, telah menghanguskan sekitar 20 hektar lahan, Jum'at (28/9/2018).

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, saat dikomfirmasi media ini membenarkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang telah menghanguskan sekitar 20 hektar lahan yang kondisinya hamparan kosong dan gambut dengan ditumbuhi pakisan dan ilalang yang kering. Dimana api diketahui tadi pagi (Jum'at, red) oleh tim patroli.

Kaswandi mengatakan, pemadaman dilakukan oleh Tim Gabungan dari Polres, Polsek, Manggala Agni, BPBD, Damkar/Satpol PP, RAPP, Arara Abadi yang berjumlah hampir 60 orang personil.

"Kondisi lahan yang terbakar hamparan kosong, gambut yang ditumbuhi pakisan dan ilalang kering. Hampir sekitar 20 hektar lah yang terbakar. Api diketahui tadi pagi oleh patroli, dan sekarang sudah padam. Untuk pemadaman, kita turunkan sekitar hampir 60 personil dari tim gabungan Satgas Karhutla Kabupaten Pelalawan", terang Kaswandi.

Kaswandi menjelaskan, sumber api pertama kecil, namun karena kondisi lahan yang ditumbuhi pakisan dan ilalang kering, ditambah angin agak kencang sehingga menyebabkan api cepat membesar. Sedangkan sumber air agak jauh, makanya dibutuhkan banyak selang panjang.

"Dalam pemadaman, tim dibantu oleh dua unit helikopter water boombing dari Satgas Udara Provinsi Riau", pungkas Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan. (sam)

 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar