Lepas Pawai Tahun Baru Islam, Ini Pesan Bupati Pelalawan

Bupati Pelalawan HM Harris saat memberikan sambutan sebelum melepas pawai sambut Tahun Baru Islam 1440 H di Kabupaten Pelalawan.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan, HM Harris, menginginkan agar para orangtua dapat bisa lebih menjaga dan memperhatikan anak-anaknya, serta memberikan pendidikan agama pada anak.  Apalagi pemerintah telah melaksanakan program Magrib Mengaji dengan harapan anak-anak bisa belajar agama dan memahami Al-Qu’an.

"Mulai dari kecil anak anak kita sudah harus diajarkan syiar-syiar agama. Tentunya, dengan pendidikan berkualitas dan ilmu yang baik  pasti nantinya bermanfaat untuk mereka," kata Harris saat memberikan sambutan karnaval dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H di depan Masjid Besar Al-Muttaqin Pangkalan Kerinci, Senin (10/9/2018).

Dia mengatakan bahwa kegiatan karnaval dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah merupakan kegiatan yang positif. Kegiatan ini sangat bagus dalam menggugah generasi muda Islam agar memahami dan memaknai pergantian tahun hijriyah dengan hal-hal positif.

"Jelas kita tak ingin jika Tahun Baru Islam tidak dimaknai dengan hal-hal yang positif dalam menggugah ghirah mereka pada Islam," tandasnya.
 
Kepala Kemenag Kabupaten Pelalawan HM Rais, S.Ag. M. Pdi dikonfirmasi soal ini menyampaikan apresiasi yang tinggi pada pihak Sekolah, RA, MI, MTS, MA, Pondok Pesantren, PDTA, TPQ, se-Kabupaten yang telah berpartisipasi dalam pawai akbar guna menyemarakan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah.

"Kami mengucapkan terima kasih serta apresiasi sebesar besarnya kepada para peserta pawai yang telah berpartisipasi dalam menyemarakan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah," ujarnya. 

Lanjutnya, setidaknya ada beberapa sejarah penting yang terjadi pada penanggalan tahun baru Hijriyah ini, yakni salah satunya dalam rangka memperingati penghijrahan Nabi Muhammad Saw.  Mulai dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Dan tentu peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah.

Selain itu, dengan digelarnya pawai ini merupakan sosialisai kepada generasi muda agar mereka mengetahui tahun baru Islam dan sejarahnya. Selanjutnya, untuk memberikan pencerahan pada diri dalam meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT. 

Dalam pawai karnaval menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah itu, diikuti oleh ribuan pelajar dari RA, MI, MTs, MA dan TPQ se-Kabupaten Pelalawan. Para pelajar berbusana muslimah, diiringi lantunan sholawat serta atraksi drumband mulai dari depan Masjid Besar Al-Muttqin hingga menuju Islamic Center Masjid Raya Ulul Azmi Pangkalan Kerinci. 

Turut berhadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Kemenag Pelalawan HM Rais, Kapolres Pelalawan, Ketua Pelalawan, perwakilan Kementrian Agama Propinsi Riau, Ustadz-Ustadzah serta para tamu undangan. (ndy)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar