Bawaslu Rokan Hilir Tegaskan, Data Ganda Dicoret

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Rapat Koordinasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, Parpol, dan PPK kecamatan se Kabupaten Rokan Hilir, membahas terkait adanya temuan data ganda pada pemilu 2019, di Aula Media Center Kantor KPU Rokan Hilir Bagansiapiapi, Minggu (9/9/2018).

Dalam Rakor tersebut, terkuak adanya ditemui data pemilih ganda diseluruh wilayah Rohil, Bawaslu minta KPU dan jajarannya, untuk melakukan sotiran pengesahan DPT secara Nasional.

Pada Rakor sebelumnya, KPU Rohil telah mengesahkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2019, Daftar pemilih laki-laki 194.597 dan Daftar pemilih perempuan 186.228, dengan jumlah DPT keseluruhan pada pemilu 2019, 380.825 pemilih.

Ketua Bawaslu Rohil, Syahruri,SHi menjelaskan, DPT ganda yang ditemui di seluruh wilayah Rokan Hilir sebanyak 3.937. Adanya kejanggalan pada data ganda, terdapat pada NIK, nama, tempat dan tanggal lahir yang ditemui Bawaslu RI tersebut.

Dikatakan Syahruri lagi, Bawaslu menginginkan agar data ganda ini dapat dicermati kembali sampai ke desa, dengan didampingi panwaslu desa, dan PPK, didampingi panwascam ditingkat seluruh kecamatan. Selain itu, dapat didampingi seluruh partai politik disetiap tingkatan, untuk membersihkan data-data ganda tersebut.

"Jika terdapat data ganda dilapangan, agar data ganda tersebut dapat dicoret dari DPT yang telah ditetapkan KPU sebelumnya", tegas Ketua Bawaslu Rohil ini. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar