Fasilitas RSUD Memprihatinkan, Dewan Pertanyakan Peran Pemkab Siak

Fasilitas ruang perawatan pasien RSUD Kabupaten Siak yang kondisinya memprihatinkan.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kondisi Fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Siak saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, hal itu terkuak saat salah seorang anggota Dewan Siak, Muhtarom yag melihat langsung kondisi itu. Ia mempertanyakan  peran Pemkab Siak dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Kalau seperti itu kondisinya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Siak, dimana peran serta Pemerintah, khususnya yang membidangi kesehatan, kemudian dimana peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat yang sehat itu," sindir Muhtarom.

Saat itu, Ketua Politisi PKB tersebut mengunjungi salah satu keluarganya yang dirawat usai persalinan di RSUD Siak, dirinya pun kaget kala melihat kondisi pasilitas yang ada diruangan perawaran Rumah Sakit.

Mirisnya, seperti lemari dan tempat tidur yang digunakan pasien, kondisinya sangat memperhatinkan. Terlebih lagi kondisi ruangan perawatan yang sangat pengab, dan tidak ada satu kipaspun diruangan tersebut, apalagi Ac.

"Kondisi peralatan sangat miris sekali, kita liat seperti Lemari yang sudah rapuh, kusam dan kumal, serta tempat tidur pasien yang sudah usang. Jangankan Ac, kipas kecil saja tidak ada, terpaksa pasienlah yang harus membawa dari rumah", kesalnya.

Lanjut Muhtarom, RSUD Kabupaten Siak merupakan salah satu Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang dananya bersumber dari dana Pasien sendiri. Tahun 2018 RSUD Kabupaten Siak ditargetkan harus capai pemasukan PAD sebesar 24 Milyar. Kelebihan dari RSUD Kabupaten Siak yang sudah menjadi BLUD bisa mengelola keuangan sendiri. Akan tetapi pada kenyataannya, kondisi fasilitas ruangan perawatan yang ada, masih belum sesuai harapan masyarakat.

"Saya selaku anggota DPRD Siak berharap, Kedepan RSUD Kabupaten Siak harus menjadi Rumah Sakit yang betul-betul sehat, serta fasilitas yang lebih hegeinis dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Terlebih, Program yang digembar-gemborkan pemerintah Kabupaten Siak menjadi Kota layak Anak, sementara kondisi RSUDnya sendiri masih jauh dari harapan masyarakat", paparnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit RSUD Kabupaten Siak, DR Benny membenarkan atas kondisi fasilitas perawatan ruangan pasien tersebut, namun saat ini pihak RSUD Kabupaten Siak dalam masa pembenahan.

"Benar mas, memang begitu adanya, namun sebagian ruangan fasilitasnya sudah kita lakukan peremajaan. Insya Allah, dalam waktu dekat akan terus berlanjut dan bertahap. Mohon doa restunya serta suportnya, agar kita terus meningkatkan kinerja pelayanan RSUD Siak lebih baik lagi untuk masyarakat", terang DR Benny. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar