Sekda Rokan Hilir Hadiri FGD BPJS Menuju Universal Health Coverage

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Drs.H. Surya Arfan, menghadiri acara Fokus Gruop Discussion (FGD) BPJS menuju Universal Health Coverage (UHC) di Hotel Pangeran, Kamis (30/8/2018) di Pekanbaru.

Kegiatan ini dihadiri oleh walikota dan Bupati Se-Provinsi Riau. Padanya intinya FGD BPJS menuju Universal Health Coverage merupakan intruksi Pemerintah pusat, melalui Gubernur Riau untuk  mengalokasikan anggaran dalam rangka pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Selain memastikan Bupati dan Walikota mengalokasikan anggaran dalam rangka pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, juga memastikan Bupati dan Walikota untuk menyediakan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dan sumber daya manusia (SDM) kesehatan, di wilayahnya masing-masing.

Menanggapi persoalan itu, Sekda Rohil, Drs.H. Surya Arfan, kepada awak media melalui selulernya menuturkan, pada prinsipnya pemerintah khususnya Kabupaten Rohil mendukung program BPJS ini.

Apalagi,lanjut Surya, ini merupakan program pusat dan langsung Intruksi Presiden Jokowi, yang tertuang dalam Inpres Nomor 8 tahun 2017, tentang pengoptimal pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Saat ini kendala yang dihadapi daerah khususnya Rokan hilir, terkait validasi data penduduk miskin melalui Bantuan dan dana JKN, Jamkesda, dan Mandiri", beber Surya.

Dalam hal ini, tegas Surya, pemerintah daerah tetap optimis berupaya melakukan penyempurnaan dan perbaikan terhadap validasi data tersebut, bahkan kualitas pelayanan RS Rujukan juga perlu ditingkatkan.

Surya Arfan menerangkan, Pemkab Rohil tetap memberi dukungan, tapi menjadi persoalannya, program ini harus dianggarkan melalui APBD Kabupaten dan Kota. Sementara Rokan Hilir sendiri ketersediaan dana melalui APBD julas memberatkan, karena memang keterbatasan dana Pemerintah daerah.

"Saat ini masalah sumber Dana yang menjadi persoalan. Kalau untuk programnya kita sangat mendukung, Kita harapkan pusat memberikan solusi yang terbaik, sehingga program ini bisa berjalan sesuai harapan", pungkas Sekda. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar