Bupati Suyatno Tinjau Progrees Pelabuhan International di Bagansiapiapi

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno didampingi Sekda Rohil, H. Surya Arfan melakukan peninjauan proses progrees pelabuhan yang bersumber dari APBN, dijalan Lintas Pesisir, Batu Enam Bagansiapiapi, Senin (27/8/2018).

Disela-sela peninjauan itu, Bupati Rohil H. Suyatno mengatakan, peninjauan ini untuk sekian kalinya di pelabuhan, karena Kementerian Perhubungan peduli terhadap pembangunan pelabuhan di Bagansiapiapiapi.

Menurut H. Suyatno, lokasi pembangunan pelabuhan dikawasan pesisir Rohil, yang letaknya cukup strategis sejauh mata memandang, sebelah kiri, berhadapan langsung selat Melaka. Mungkin Menteri melihat potensi itu, sehingga membangun pelabuhan.

Suyatno menerangkan, di tahun 2017, pembangunan pelabuhan ini sempat mangkrak, tidak berjalan, karena pemerintah daerah belum melepaskan lahan untuk dijadikan sertifikat, namun kita berupaya dekati BPN, setelah sudah ada sertifikat, lalu diserahkan kepada pihak Kementerian Perhubungan, untuk tahap 4, pembangunan pelabuhan dilanjutkan, dengan ditambah dana sekitar Rp20 Milyar untuk pelabuhan ini.

Ditahun 2019, mendapatkan laporan akan membangun fisik terminal, dan kantor pelayanan pelabuhan, ini merupakan suatu peningkatan, dan perhatian Pusat terhadap Bagansiapiapi ini sangat luar biasa, karena pesisir ini Kementerian menambah anggaran.

Dari rangkaian pembangunan pelabuhan ini, kantor pelayanan dan terminal, akan dirampungkan pada 2019, setelah selesai, akan dimanfaatkan untuk kepentingan umum. "Media memberikan informasi dan dukungan dari masyarakat, jika pembangunan sudah selesai, pemerintah akan memikirkan lagi infrastruktur tranportasi lalu-lalang barang lewat pelabuhan", harapnya.

Dengan dibangunnya pelabuhan ini, lanjutnya, jelas dampaknya pada kemajuan ekonomi masyarakat, dan pendapatan daerah bertambah, pasti adanya perubahan-perubahan didampingi pelabuhan Batu 6, ada perencanaan untuk pelabuhan di Panipahan.

"Saya mendapatkan laporan, kalau pemerintah daerah Rohil menyiapkan lahan bersertifikat, maka pemerintah pusat oke-oke aja. Kita minta kepada Dinas terkait untuk survey dulu ke Panipahan, lokasi dimana, pasang surutnya seperti apa, harus adanya study kelayakan", tegas Bupati.

Kita harapkan, pemerintah pusat tersebut mengabulkan usulan Panipahan, karena tempatnya strategis, berdekatan dengan selat melaka, banyaknya barang lepasan dari sana, jika sudah adanya pelabuhan kemajuan ekonomi pada masyarakat makin lebih bagus.

"Pada intinya, semua itu nanti kita kaji dan rapatkan bersama pihak perhubungan, KSOP dan Kementerian Perhubungan kedepan", ujar Bupati. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar