Menuju Rohil Sehat, Diskes: Sasaran Imunisasi Rubella 220.217

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Rokan Hilir, Lounching dan kampanyekan pemberian Vaksinasi imunisasi campak dan Maesles Rubella (MR) gratis, secara serentak di seluruh Puskesmas diwilayah Kabupaten Rohil.

Launching Imunisasi campak dan Measles Rubella tersebut, diresmikan oleh Bupati Rokan Hilir H.Suyatno, di Gedung Yayasan Sekolah Wahidin Bagansiapiapi, Rabu (01/8/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir, Hj Dahniar, M.kes menuturkan, bahwa kampanye Campak dan Rubella MR penting perlu disampaikan kepada masyarakat, karena kedua penyakit ini sangat mudahnya tertular terhadap manusia terutama anak-anak.

Kampanye eleminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit Measles Rubella (MR), telah disampaikan kepada seluruh jajaran apatur sipil negara maupun pegawai honorer.

Menurut Kadiskes Rohil ini, Pemerintah Pusat, Propinsi maupun Tingkat Kabupaten/Kota, telah memiliki komitmen kuat mewujudkan eleminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit Measles Rubella (MR) yang bisa menyebabkan kecacatan.

Diterangkan Dahniar, mewujudkan eliminasi dan pengendalian kedua penyakit ini, ditempuh dengan strategi nasional memberikan imunisasi MR.

Untuk Kabupaten Rokan Hilir, sasaran yang bakan di imunisasi sebanyak 220.217 terhadap anak usia 9 bulan sampai usia kurang dari 15 tahun, yang dilaksanakan mulai bulan Agustus-September 2018 target capaian berkisar mencakup 95 persen.

"Penyakit campak ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru berat (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, dan bahkan kematian", kata Kadiskes Rohil Dahniar.

Dahniar menambahkan, Rubella berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, 80-90% dapat menyebabkan keguguran, atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

"Penyebab kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital, meliputi kelainan pada jantung (kelainan katup), dan mata (katarak, glaukoma), ketulian permanen dan berhentinya perkembangan otak, karena tempurung kepala kecil (mikrosefali) yang jelas akan menyebabkan keterlambatan dan gangguan perkembangan pada anak", terangnya.

Dengan kampanye ini, sambung Dahniar, kita menghimbau kepada semua orang tua yang memiliki anak usia 9-15 tahun, untuk melakukan imunisasi MR ini.

"Mari kita lindungi buah hati kita dari kesakitan, kecacatan, dan kematian dari serangan Campak dan Rubella", ujarnya.

Pelaksanaan Imunisasi vaksin MR gratis disetiap Puskesmas maupun disekolah-sekolah diwilayah Rohil.

"Keberhasilan kampanye campak dan Rubella, sangat dibutuhkan dukungan serta partisipasi seluruh masyarakat untuk menyukseskan penggerakan kegiatan pemberian imunisasi MR", pungkasnya. (Syofyan)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar