Pemilih Ganda Tertinggi di Tualang

PPK Tualang: Untuk di Tualang Insya Allah Clear

poto ilustrasi.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Siak menemukan pemilih ganda di 14 Kecamatan se Kabupaten Siak, pada pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur Riau 2018 yang tinggal menghitung hari.

Dari total 680 pemilih ganda sesuai data yang diperoleh Panwaslu Kabupaten Siak, 260 pemilih ternyata berada di Kecamatan Tualang, angka tersebut tertinggi dari Kecamatan lain.

Salah satu Komisioner Panitia Pemilihan (PPK) Kecamatan Tualang Rizki Muharlin, mengakui bahwa ada data ganda di Kecamatan Tualang, namun data pemilih ganda tersebut, sudah clear semua.

"Untuk Tualang, insya Allah clear", sebut Rizki secara singkat.

Namun, terkait laporan PPS kemarin, data ganda sudah bersih, "Data ganda sudah langsung dieksekusi waktu tahap daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran", jelasnya lagi.

Dijelaskan rizki, bahwa daftar pemilih ganda ini kebanyakan sama, namun beda kecamatan, terkadang beda desa. Makanya, itu dipastikan dengan kordinasi PPS yang bersangkutan.

"Nanti PPS turun langsung ke nama pemilih ganda tersebut, dengan mengecek serta menanyakan, Ia nyoblos dimana", sebutnya.

Sementara itu, Komesioner Panwascam Kecamatan Tualang Wan hadi mengatakan, bahwa Pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) sudah dikasi pembekalan agar jeli melihat potensi-potensi pemilih ganda tersebut.

"Kita sudah kasih ke PTPS data ganda ini. PTPS akan mengawasi data ganda tersebut dari Salinan DPT & Surat dari Panwas Kabupaten Nomor: 180/RI-09/PM. 00.02/6/2018 dalam lampirannya yg berisi Rekapitulasi Analisa Pemilih Ganda dalam DPT", pungkasnya. (van)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar