ICMI Dan Baznas Teken MOu, Luncurkan Program Rohil Cerdas

Penanda tanganan MOu antara ICMI dan Baznas luncurkan program Rohil Cerdas.

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rokan Hilir menadatangani Nota Kesepahaman, membangun pendidikan bagi generasi muda Rokan Hilir.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Ketua ICMI Rohil dr H Suratmin dan Ketua Baznas Rohil Saipul Hotman Panjaiatan disaksikan Plt Bupati Rohil Drs H.Jamiludin,  dan NU H.Sakolan Kalil,Sag , Jum'at (1/6/2018) di aula Hotel Helmahera Bagansiapiapi.

Ketua Orda ICMI Rokan Hilir Dr.H. Suratmin mengatakan, Program Rohil Cerdas merupakan gagasan ICMI dan Baznas, Pemikiran dan gagasan untuk membangun lembaga pendidikan dengan mengintensif dan melatih siswa agar tercapainya untuk jenjang perguruan lebih tinggi Seperti Fakultas Unri maupun fakultas USU.

“Kami meyakini, dengan adanya program ini, akan terfasilitasi anak Rohil untuk dapat bersekolah ke jawa, seperti fakultas ITB, UI dan fakultas lainnya”, kata Suratmin.

Dipaparkan Suratmin, untuk mendapatkan beasiswa tersebut, disyaratkan siswa berprestasi dengan kelulusan lima besar, sehingga mereka nanti bisa bersaing dengan siswa dari pulau jawa dan lainnya.

“Syaratnya lima besar di sekolahnya”, imbuhnya.

Menurut Suratmin, MOU dengan menanda tangani nota kesepahaman antara ICMI dan Baznas, ICMI mencari lembaga pendidikan, sedangkan Baznas yang menanggulangi pembiayaan, kita juga akan cari peluang lain, yang tidak ada pembiayaan di sekolahnya.

“Ini adalah program pendidikan untuk anak dari keluarga kurang mampu namun berprestasi, kita bantu mereka mengejar cita-cita meraka, mudah-mudahan, semua pihak memberikan dukungan program Rohil Cerdas ini”, ungkapnya.

Sementara, Ketua Bidang I Baznas Rohil Saiful Hotma panjaitan, mengakui bahwa Baznas Rohil memiliki Program Baznas Cerdas, mungkin termasuk pada program beasiswa dengan program satu sarjana, satu rumah, dengan kerjasama Orda ICMI dan Baznas bisa lancar kedepan.

Baznas juga akan ikut melakukan seleksi, bagi siswa kurang mampu yang berprestasi, yang notabane kaum Duafa dan atau keluarga yang kurang mampu. Jadi nanti, perlu ada persyaratan yang harus dilengkapi bagi siswa, dan akan diseleksi dengan ketat secara bertahap.

Kedepannya, diharapkan dukungan dari pemerintah daerah dan pihak swasta perusahaan, guna  mensukseskan program Rohil cerdas ini. Program Rohil Cerdas ini, tidak hanya untuk perguruan tinggi, bahkan untuk jenjang  SMP dan SMA.Baznas akan melakukan Survey kesekolah-sekolah, mungkin ada yang kurang mampu dibantu dalam uang sekolah, program Baznas Cerdas tidak membedakan sekolah Negeri dan swasta.

“Mungkin, syaratnya kita kategorikan dalam 8 asmat, termasuk itu pakir miskin, ini tentang pembiayaan sekolah, Insya Allah Baznas siap membantu dalam asmat sabililah. Dia kan seorang pelajar menimba ilmu yang butuh biaya, untuk operasioanalnya dari zakat-zakat”, kata Hotman. (Syofyan R)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar