Pemkab Rohil Terima Penghargaan APIP Atas Penilaian BPKP

Plt. Bupati Rohil Drs.H. Jamiludin saat menerima penghargaan APIP dari BPKP Perwakilan Provinsi Riau.

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Dikantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPKP ) Perwakilan Provinsi Riau, Jalan Sudirman, Rabu (30/5/2018) berlangsung acara HUT BPKP ke 35. Dan bertindak selaku pembina upacara Plt. Gubernur Riau Drs. H. Wan Thamrin Hasyim.

Disamping kegiatan HUT BPKP yang Ke-35, juga sekaligus dilaksanakan penyerahan penghargaan APIP dari BPKP untuk masing-masing Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau. Walaupun kondisi dalam bulan Ramadhan,
suasana acara yang berlangsung penuh hikmad tersebut, dilanjutkan dengan penyerahan anugrah penghargaan Satya lencana Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran BPKP Provinsi Riau.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir memerima penghargaan dari BPKP Riau tentang Pencapaian Kapabilitas APIP kategori Level II, untuk Provinsi Riau, atas kerja keras jajaran Inspektorat Rohil.

Penghargaan kapabilitas APIP Level II Bagi Inspektorat Kabupaten Rohil itu, diserahkan oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Riau Didik Sodikin, kepada Plt. Bupati Rohil Drs.H. Jamiludin, yang disaksikan langsung oleh Plt. Gubri Drs.H. Wan Thamrin hasyim.

Inspektur Kabupaten Rohil H.M. Nurhidayat, SH.MH menuturkan, bahwa Kapabilitas APIP level II  memiliki makna, bahwa Inspektorat Kabupaten Rokan Hilir telah mampu memenuhi semua elemen Kapabilitas APIP ke level II.

Menurut Nurhidayat, kapabilitas APIP adalah peran dan layanan, pengelolaan SDM, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, serta struktur tata Kelola yang dinilai dengan mengunakan pemenuhan.

Dijelaskan, pernyataan yang dikembangkan untuk seluruh KPA tersebut, berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh dari kapabilitas APIP, dikelompokkan kedalam Level II (Infrastructure).

Proses pemenuhan, lanjut Nurhidayat, pernyataan kapabilitas APIP level II sudah dimulai sejak Bulan Desember 2016 lalu, melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh fasilitator BPKP, kepada seluruh pegawai inspektorat Kabupaten Rokan Hilir. Selanjutnya, pada bulan Januari 2017 dibuatkan Rencana Aksi (action plan).

Sementara, Plt. Bupati Rohil Drs.H. Jamiludin dalam kesempatan tersebut, mengucapkan terimakasih kepada BPKP dan Inspektorat beserta jajaran, karena telah melakukan yang terbaik, mudah-mudahan kedepan bisa kita tingkatkan lagi.

"Semenjak kepemimpinan saya bersama Pak H.Suyatno yang baru berjalan dua tahun lebih, namun Kami berkomitmen untuk membuat Rokan Hilir bisa lebih baik, dan mohon dukungan dari semua pihak OPD agar niat baik ini bisa terwujud", pungkasnya.

Turut menghadiri dalam moment penghargaan tersebut, Bupati dan walikota se Provinsi Riau, Perwakilan Forkopimda Provinsi Riau serta undangan BPKP Perwakilan Provinsi Riau. (SYOFYAN)


 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar