39 CJH Pelalawan Belum Melunasi Pembayaran BPIH

ilustrasi.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dalam pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama yang jatuh tanggal 4 Mei kemarin, baru 381 calon jamaah haji yang melunasi bukti pembayaran ibadah haji untuk tahun 2018 ini. Sementara sisanya sebanyak 39 orang dari kuota yang ditetapkan untuk Kabupaten Pelalawan yakni 420 orang, diharapkan bisa melunasi pembayaran BPIH di tahap dua nanti.

"Kalau kuota haji kita kan ditetapkan 420 orang. Dari jumlah tersebut, sudah 381 orang yang melunasi pembayaran BPIH di tahap pertama. Kita harapkan di tahap dua nanti yang dimulai tanggal 16 - 25 Mei nanti, 39 calon jamaah yang belum melunasi BPIH bisa dilunasi di tahap dua itu," terang Kasie Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Pelalawan, Syahrul Mauludi, pada media ini, Minggu (6/5/2018).

Syahrul menjelaskan, bahwa jika dari kuota yang ditetapkan untuk Kabupaten Pelalawan sebanyak 420 orang itu ada yang tak melunasi, maka secara otomatis jamaah tersebut akan masuk dalam kuota jamaah haji tahun berikutnya. Namun jika ada jamaah yang sudah melunasi BPIH kemudian terjadi sesuatu, meninggal misalnya, maka menurut Peraturan Menteri Agama (PMA) yang baru bisa digantikan dengan ahli warisnya.

"Dalam PMA yang baru jika ada kejadian seperti itu bisa digantikan dengan ahli waris yang ditunjuk," katanya.

Disinggung soal kloter berapa bagi para calon jamaah haji kabupaten Pelalawan, Syahrul belum bisa menjelaskan soal ini. Pasalnya, untuk masalah tersebut masih dalam tahap finalisasi. Karena untuk kloter tergantung dari jumlah jamaah di setiap kabupaten.

"Kalau tak mencukupi biasanya kita gabung dengan jamaah dari kabupaten lain. Biasanya hanya jamaah dari Pekanbaru yang mencukupi satu kloter karena mereka bisa sampaj 1000 lebih. Kalau untuk itu, yang mengatur dari Kanwil Provinsi. Namun semua keberangkatan jamaah dari Riau berangkatnya dari embarkasi Batam," ungkapnya.

Dikatakannya, untuk tahap berikutnya para jamaah haji yang telah melunasi BPIH akan diperiksa kesehatannya, untuk kemudian diberikan suntikan meningitis. Diharapkan untuk tahun ini, proses kelancaran ibadah haji bagi calon jamaah haji Kabupaten Pelalawan berjalan dengan lancar. (ndy)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar