Rokan Hilir Jadi Lokasi Pelatihan Pengembangan SDM Wisata

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Kabupaten Rokan Hilir sebagai salah satu tempat pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Acara Pelatihan SDM pariwisata Provinsi Riau tersebut, dibuka langsung oleh Sekda Rokan Hilir Drs. Surya Arfan, Senin (30/4/2018) kemarin di Gedung Misran Rias Bagansiapiapi.

Panitia Pelatihan SDM Pariwisata, Kabid pemasaran pariwisata Provinsi Riau Yuli MM mengatakan,  Kabupaten Rohil adalah salah satu lokasi pelatihan SDM pariwisata, dari 4 daerah di Provinsi Riau yang lirik oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Program Ini merupakan kegiatan Kementerian Pariwisata untuk Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, dan diikiuti oleh peserta pelatihan sebanyak 250 peserta, yang berasal dari berbagai kalangan, berbagai komunitas dan pelajar.

Sedangkan, perwakilan Kementerian Pariwisata Agus Sumantri mengatakan, langkah awal dalam menyiapkan daerah sebagai destinasi wisata yaitu dimatangkannya dulu akses insfrastruktur, Sedangkan, sepanjang yang kita lihat, jalan kearah bagansiapiapi belum memadai, ini harus dibenahi dahulu, karena wisman sipatnya instan hanya ingin senang.

"Tingkat pelayanan masyarakat yang ramah lingkungan terhadap pengunjung dan masyarakat, harus memiliki Skil (SDM), karena untuk membangun daerah destinasi tersebut tidaklah seperti membalikkan  telapak tangan, membutuh proses yang panjang", terang Agus.

Sekda Rohil Drs H. Surya Arfan mengatakan, kelompok pariwisata takkan bisa bangkit kalau hanya bertumpu pada pemerintah semata, karena sebagian masyarakat tersebut belum memahami dan mengerti apa itu program pariwisata.

Dengan melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan SDM komunitas, dan kelompok masyarakat Rokan Hilir. Berbicara permasalahan wisata, kita harus mematangkan dulu tingkat SDM yang berpotensi guna pengembangan wisata didaerah ini.

"Kini Provinsi Riau tidak bisa lagi memandang Rokan Hilir dengan sebelah mata, daerah ini sudah memiliki lokasi destinasi wisata, Selain dari pulau jemur, objek wisata situs sejarah (Haritage) diberbagai lokasi, hanya saja belum terinformasi secara meluas", terang Surya.

Menurut Surya, Ritual Bakar tongkang terdaftar dalam bagian Pesona Indonesia, dan juara atraksi budaya terpopuler nasional. Disampingi destinasi ritual bakar tongkang, para wisman juga dapat melihat objek-objek wisata lain didaerah Rokan Huilir, seperti: Danau Tilan, Danau Air Gatal, Danau Napangga dan Air Panas, Kerambah Parit Baypark, Mambang Deo-Deo Palika.

Selain Objek wisata Heritage, di Bagansiapiapi juga terdapat Objek wisata Regilius, seperti pemakaman yang ada diberbagai daerah kabupaten Rohil. Kalau semua objek wista digarap dengan baik, mungkin para pengunjung akan berhari-hari berada di Rohil. Selain Pulau jemur, salah satu andalan objek wisata bahari di Provinsi Riau, pengujung juga akan melihat objek wisata lainnya yang ada didaerah.

"Kita mengabdi tidak hanya berhenti disini, terus berbuat untuk negeri Seribu Kubah, jangan hanya bergantung pemerintah, mari komunitas-komunitas dan pelaku usaha serta insan pers, bergandeng tangan memajukan daerah yang penuh dengan tujuan wisata ini", ajak Surya Arfan. (syofyan)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar