Melalui FLSN, Diharapkan Mampu Meraih Kecerdasan Dan Mampu Bersaing

Sekretaris Daearah (Sekda) Rokan Hilir Drs H.Surya Arfan Msi saat memberikan sambutan pada pembukaan Festival Lomba Seni Nasional.

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Festival Lomba Seni Nasional (FLSN) yang ditaja oleh Provinsi Riau, di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menampilkan beragam perlombaan seni budaya, lagu daerah Nasional, Puisi dan Pantun, dipusatkan digedung daerah, H. Misran Rais, Rabu (25/4/2018) dijalan Utama Bagansiapiapi.

Sekretaris Daearah (Sekda) Rokan Hilir Drs H.Surya Arfan .Msi, Saat diwawancarai awak media menyebutkan, FLSN menampilkan beragam penampilan Seni budaya, lagu daerah seperti Hyme Rokan Hilir, bersatu Kubu, Bangko dan Tanah Putih.

Selain itu juga menampilkan lagu-lagu kebangsaan indonesia raya. Lewat seni kita bisa mengajak, tidak saja dengan perintah, bisa juga lewat berpantun dan dengan puisi. Seni merupakan nilai perilaku sikap yang menyampaikan kepihak lain, sehingga menghasilkan perubahan perilaku kepada yang  baik.

Dikatakan Surya, pemkab Rohil sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak Provinsi Riau dan panitia dalam pelaksanaan FLSN, mudah-mudahan anak-ANAK kita mendapatkan ilmu guna meningkatkan prestasi dalam ajang seni budaya nasional ini.

Terkait Pengelolaan dan wewenang pendidikan tingkat atas, lanjut Surya ini merupakan dibawah wewenang Provinsi, itu merupakan amanat undang undang, namun justru mempersulit, dimanapun daerah khususnya Rohil kalau koordinasi pasti baik, maka hasil akan baik, jika koordinasi tidak jalan, ini harus koordinasi lebih yang intens lagi.

Sementara dalam pembinaan tingkat SMA sebelumnya wewenang Kabupaten, dan sekarang ini menjadi hak wewenang Provinsi Riau, harus diperbanyak koordinasi lagi antara Provinsi dan Kabupaten, sehingga nanti dapat membentuk kecerdasan dan mampu bersaing.

"Para guru tidak hanya mengantarkan siswa hanya tamat belajar saja, harus semua jenjang Baik SD, SMP dan SMA ,bagaimana setelah tamat anak-anak bisa bersaing jika masuk kuliah. Selain dalam dunia pekerjaan bisa bersaing, tidak hanya sekedar tamat habis tugas", terang Surya. (Syofyan)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar