Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Diskes Rohil

Deteksi Dini Penyakit Kanker Rahim Dan Kanker Serviks

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Jelang Peringati Hari Ibu kartini, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) & Diskes Rohil akan mensosialisasi cegah penyakit Kanker Rahim dan Serviks.

Kegiatan tersebut Bersinergi dengan Dinas kesehatan Rohil dalam mengadakan Sosialisasi Sekaligus mempercepat, Deteksi secara dini, Pemeriksaan Kanker Payudara dan Kanker Serviks. Peryataan itu disampaikan oleh Kadis (DP2KBP3A) Rokan Hilir Ir Sri Rahayu, Senin (23/4/2018) Diaula Kantor Saat Sosialisasi Ekspose kepada media.

Program kegiatan Sosialisasi Kanker payudara & Kanker Serviks Deteksi dini ini, juga akan melibatkan Ketua Tim PKK Rohil, Nur Ainun Jamiludin, Kadis Kesehatan Hj Dahniar, Pengurus Tim PKK Bangko, Seluruh PNS, dan Honorer DP2KBP3A.

Dikatakan Sri, untuk mempercepat deteksi dini pemeriksaan kanker payudara dan Kanker Serviks juga sejalan program dinas kesehatan dan program pemberdayaan pada perempuan, mewujudkan perempuan dan Ibu-ibu Rokan Hilir yang sehat.

Adapun Pemeriksaan medis dilakukan dengan cara Metoda Iva Test (Inspeksi Visual Asam Asetat) untuk melihat langsung kondisi leher rahim, Setelah itu memulus leher rahim dengan larutan asam asetat 3% hingga 5%.

"Dengan cara demikian lanjut Sri Rahayu, kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin", terangnya.

Kegiatan sosialisasi ini, tidak hanya dilakukan tingkat Kabupaten, juga akan disosialisasi hingga ketingkat kecamatan Rokan Hilir. Kita pinta kepada seluruh PNS dan tenaga Honorer perempuan dilingkungan DP2KBP3A untuk melakukan pemeriksaan dan pencegahan secara dini.

Sementara, Kadis Kesehatan Rohil Hj Dahniar M.kes mengatakan, program deteksi dini kanker payudara dan kanker Serviks merupakan program ibu presiden dalam pencegahan angka kematian karena kasus ini terbesar didunia.

Menurut Dahniar, Program Ibu presiden ini menintruksikan seluruh ibu berada kabupaten dan kota indonesia, khusus wanita negeri seribu kubah, mempercepat deteksi secara dini pemeriksaan mengunakan metoda Iva Test lebih mudah dan murah dapat dipergunakan.

"Kanker Serviks atau disebut juga kanker mulut rahim yakni, penyakit yang menyerang bagian mulut rahim wanita, bisa menyebabkan kematian yang paling tinggi jika dibanding dengan kanker lainnya. Kanker ini paling ditakuti, Biasanya menyerang pada wanita yang berusia 35-55 tahun", Hj dahniar mengingatkan. (Syofyan)



 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar